UPAYA ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK TUNANETRA DI LEMBAGA SOSIAL TUNANETRA AL-HIKMAH YOGYAKARTA

NOR CHASANAH, NIM. 08470085 (2012) UPAYA ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK TUNANETRA DI LEMBAGA SOSIAL TUNANETRA AL-HIKMAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)

Abstract

Nor Chasanah. Upaya Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Tunanetra di Lembaga Sosial TUNANETRA Al-Hikmah Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa anak tunanetra memiliki motivasi belajar yang sama dengan anak normal pada umumnya. Namun semua itu belum didapat oleh semua anak tunanetra karena sangat kurangnya informasi orang tuanya tentang pendidikan formal yang dapat membimbing anaknya. Untuk itu dalam penelitian ini yang menjadi permasalahan adalah bagaimana motivasi belajar anak tunanetra di Lembaga Sosial Al-Hikmah Yogyakarta dan apa sajakah upaya yang dilakukan oleh orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak tunanetra di Lembaga Sosial Al-Hikmah. Oleh karena itu dalam penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang motivasi anak tunanetra, serta upaya orang tua dalam mendidiknya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan anak tunanetra yang kurang termotifasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang Lembaga Sosial TUNA NETTRA Al-hikmah Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, penyajian data yang sudah dikumpulkan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Motivasi anak tunanetra Lembaga Sosial Al-hikmah terdapat empat kata gori yaitu: tinggi 40%, cukup 20%, kurang 20% (motivasi extrenal(, dan rendah kurang dari 20%(motivasi intrinsik). (2) Orang Tua berupaya untuk memberikan motivasi pada anaknya yang tunanetra dengan cara: mengadakan bimbingan, memasukan ke dalam lembaga-lembaga pendidikan, dan memberikan fisilitas-fasilitas yang menunjang belajar anaknya. Kata kunci: orang tua, motivasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: orang tua, motivasi
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 05 Mar 2014 11:59
Last Modified: 27 Mar 2017 10:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9938

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum