OPTIMALISASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ DENGAN MEDIA SHORT CARD (KARTU PENDEK) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AL-QURAN HADIS PADA SISWA KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF ABDUSSALAM PUNDUHSARI TEMPURAN MAGELANG

ASFIYATI, NIM. 08480008 (2012) OPTIMALISASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ DENGAN MEDIA SHORT CARD (KARTU PENDEK) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AL-QURAN HADIS PADA SISWA KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF ABDUSSALAM PUNDUHSARI TEMPURAN MAGELANG. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (222kB)

Abstract

ASFIYATI. Optimalisasi Pembelajaran Tahfidz Dengan Media Short Card (Kartu Pendek) Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadis Pada Siswa Kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Abdussalam Punduhsari Tempuran Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan pembelajaran tahfidz dengan media short card (kartu pendek) yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pelajaran al-Qur’an hadis kelas II MI Ma’arif Abdussalam Punduhsari Tempuran Magelang. Latar belakang penelitian ini adalah berangkat dari hasil wawancara dengan guru al-Quran hadis kelas II MI Ma’arif Abdussalam Punduhsari dimana beliau mengungkapkan bahwa masalah yang dihadapi adalah masih rendahnya prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran al-Quran hadis. Selain itu juga lemahnya proses pembelajaran yang berkembang dewasa ini. Pembelajaran masih berorientasi kepada guru, sedangkan siswa hanya sebagai objek ajar yang terus diberi dengan segudang informasi. Hal ini disebabkan karena metode yang dipakai guru selama ini lebih banyak menggunakan metode konvensional. Oleh karena itu, pembelajaran berlangsung secara sepihak dan kurang adanya partisipatif dari siswa. Dari observasi ini ketika dilakukan post test nilai rata-rata siswa hanya 67,14. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti, dan subyek penelitiannya adalah siswa kelas II MI Ma’arif Abdussalam Punduhsari Tempuran Magelang yang berjumlah 7 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran tahfidz dengan media short card (kartu pendek) mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tahfidz dengan media short card (kartu pendek) mampu meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an hadis. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan dalam prestasi belajar al-Qur’an hadis. Pada pra tindakan rata-rata skor sebesar 67,14 dengan persentase ketuntasan 28,57%, pada siklus I meningkat sebesar 42,85% dengan nilai rata-rata skor 71,42 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 85,71% dengan nilai rata-rata skornya 84,28. Nilai rata-rata siklus I dan siklus II sebesar 77,85. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan di setiap siklus yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tahfidz, Media Short Card (Kartu Pendek), Prestasi Belajar Siswa.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 03 Feb 2014 07:57
Last Modified: 17 Jan 2017 08:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9944

Actions (login required)

View Item View Item