PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TUTOR SEBAYA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HUDA NGAGLIK BANDULAN SLEMAN YOGYAKARTA

BESTY MAGHFIROH, 08480063 (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TUTOR SEBAYA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HUDA NGAGLIK BANDULAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (259kB)

Abstract

Besty Maghfiroh: Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Model Tutor Sebaya Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika, Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Guru Madrasah Ibtiaiyah, Universitas Islam Negeri Sunan Kali Jaga, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tentang pengaruh yang diberikan oleh Metode Pembelajaran Kooperatif Model Tutor Sebaya Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian Pra-Ekperimen dengan disain Y₁ sebagai Pre-Test, X sebagai Variabel bebas dan Y₂ sebagai Post-Test. Jumlah subyek terdiri dari 23 siswa. Instrumen pengumpulan data terdiri dari (1) Angket minat belaajr matematika dan (2) Tes hasil belajar matematika. Data di analisis dengan menggunakan uji normalitas data dan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil dari penelitian ini adalah setelah menggunakan metode pembelajaran kooperatif model tutor sebaya minat dan hasil belajar matematika lebih tinggi daripada sebelum menggunakan metode pembelajaran kooperatif model tutor sebaya. Hal ini dapat dilihat rata-rata minat belajar matematika siswa yaitu pada pre-test 18,61 kemudian post-test meningkat menjadi 21,09 dan rata-rata hasil belajar siswa pada pre-test yaitu 61,83 dan kemudian rata-rata post-test 77,30. Dari pengujian hipotesis diperoleh hasil bahwa: 1. Minat belajar siswa sebelum ada Tutor Sebaya berbeda dengan minat belajar siswa setelah dilakukanya Tutor Sebaya. 2. Hasil belajar siswa sebelum ada Tutor Sebaya berbeda dengan hasil belajar siswa setelah dilakukanya Tutor Sebaya. Pada hasil data uji-t diperoleh signifikansi 0,00 sehingga dapat dikatakan bahwa Metode Pembelajaran Kooperatif Model Tutor Sebaya dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tutor Sebaya, Matematika, MI
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 07 Mar 2014 01:44
Last Modified: 18 Jan 2017 01:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9948

Actions (login required)

View Item View Item