PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BAHASA ARAB DAN SOLUSINYA BAGI SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI PIYUNGAN BANTUL TAHUN AJARAN 2011/2012

DANANG EKO SAPUTRO, 06420067 (2012) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BAHASA ARAB DAN SOLUSINYA BAGI SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI PIYUNGAN BANTUL TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (548kB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)

Abstract

Danang Eko Saputro, Problematika Pembelajaran Menulis Siswa Kelas VII MTs Negeri Piyungan Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui problem yang dialami siswa kelas VII dalam pembelajaran menulis teks bahasa Arab yang meliputi problem linguistik dan non linguistik. 2) Untuk mengetahui solusi guru bahasa Arab dalam menyelesaikan problematika pembelajaran menulis teks bahasa Arab siswa kelas VII MTs Negeri Piyungan Bantul. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII MTs Negeri Piyungan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VII MTs Negeri Piyungan Bantul menghadapi problem pembelajaran menulis teks bahasa Arab. Adapun problem linguistik penyebabnya adalah 1) kurang mengenali bentuk dan tulisan Arab. 2) kesulitan dalam merangkai atau menyambung huruf Arab. 3) siswa kesulitan dalam imla’ atau menulis Arab dengan dikte. Problem non linguistik adalah: 1) siswa antara lain: latar belakang pendidikan siswa yang heterogen, kurangnya motivasi dan minat siswa kelas VII, kurangnya perhatian siswa. 2) guru antara lain: kurang mampu mengembangkan teknik atau cara penyajian materi, pengelolaan kelas yang kurang kondusif, guru kurang jelas dalam menyampaikan materi pelajaran. 3) tidak adanya fasilitas pendukung seperti OHP, laboratorium bahasa dan kurang buku paket bahasa Arab. 4) kurangnya perhatian dari orang tua siswa dalam kegiatan belajar di rumah. Adapun solusi dari pihak guru adalah 1) guru menumbuhkan motivasi siswa dengan cara guru selalu menjelaskan bahwa belajar bahasa Arab atau menulis itu penting bagi mereka kelak. 2) guru menekankan dalam menghafal kosakata dan setiap pelajaran selalu untuk menulis atau menyalin materi yang diberikan agar melatih siswa dalam menulis teks bahasa Arab dengan baik dan benar. 3) guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi pelajaran yang sudah selesai diajarkan yang sulit dipahami siswa. 4) untuk meningkatkan kemampuan bahasa Arab atau menulis siswa, guru memberikan pekerjaan rumah (PR) kepada siswa. 5) mendorong siswa agar tidak menganggap belajar bahasa Arab atau menulis sebagai beban. 6) guru memberi penjelasan secara mendalam kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar bahasa Arab atau menulis. Sedangkan dari pihak sekolah adalah 1) menyediakan fasilitas yang cukup untuk mencapai keberhasilan serta menunjang dan memudahkan siswa serta guru dalam proses pembelajaran, dengan cara menambahkan bukubuku pelajaran bahasa Arab dan LKS, agar siswa lebih semangat untuk belajar bahasa Arab. 2) menganjurkan kepada guru bahasa Arab untuk menggunakan metode yang tepat dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab atau menulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran menulis teks, bahasa arab, siswa mts negeri piyungan bantul
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 06 Mar 2014 13:09
Last Modified: 07 Apr 2017 11:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9952

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum