FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV MI YAPPI MULUSAN PALIYAN GUNUNG KIDUL

DANANG TRI FAUZI, 08480085 (2012) FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV MI YAPPI MULUSAN PALIYAN GUNUNG KIDUL. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (923kB)

Abstract

Danang Tri Fauzi. Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV MI YAPPI Mulusan Paliyan Gunung Kidul. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran matematika karena adanya faktor-faktor kesulitan belajar yang dialami siswa kelas IV. Kesulitan belajar yang dialami siswa berakibat pada prestasi yang kurang pada mata pelajaran ini. Penelitian yang dilakukan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar yang dialami siswa kelas IV, diharapkan dapat memberikan masukan untuk tindakan lebih lanjut demi mengatasi kesulitan belajar matematika dengan tepat yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan Penelitian Deskriptif Kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI YAPPI Mulusan Paliyan Gunungkidul tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 20 siswa. Data-data yang dikumpulkan berupa data siswa (pra tindakan), hasil observasi dan hasil wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, soal, angket, dan wawancara. Analisis data untuk prestasi belajar siswa menggunakan tabel distribusi frekuensi relatif yaitu dengan menghitung seberapa besar presentase hasil angket dan soal yang telah diberikan pada siswa kelas IV MI YAPPI Mulusan Paliyan Gunungkidul. Hasil presentase angket faktor kesulitan belajar siswa kelas IV MI YAPPI Mulusan Paliyan Gunungkidul pada mata pelajaran Matematika pada indikator kecakapan belajar diperoleh 61,57% dikategorikan sedang. Untuk indikator minat 90,74% dikategorikan tinggi, kesehatan siswa diperoleh 75,92% dikategorikan tinggi, indikator orang tua 83,33% dan 73,25% dikategorikan tinggi, faktor cara mengajar guru 71,76%, dan faktor alat diperoleh 67,13% yang dikategorikan sedang. Adapun hasil soal latihan pertama yang telah dibagikan rat-rat keseluruhan tingkat pemahaman siswa adalah 49,75% dapat dikategorikan rendah. Untuk soal latihan yang kedua rata-rata tingkat pemahaman siswa adalah 47,5% juga dikategorikan rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: faktor-faktor kesulitan belajar, matematika, MI YAPPI mulusan, paliyan, gunungkidul
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 06 Mar 2014 06:09
Last Modified: 18 Jan 2017 02:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9955

Actions (login required)

View Item View Item