EFEKTIVITAS PROSES PEMBELAJARAN PAI BERBASIS PENUGASAN PORTOFOLIO PADA KELAS XII SMA PIRI I YOGYAKARTA

SADAM FAJAR SHODIQ, NIM. 09410239 (2012) EFEKTIVITAS PROSES PEMBELAJARAN PAI BERBASIS PENUGASAN PORTOFOLIO PADA KELAS XII SMA PIRI I YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

SADAM FAJAR SHODIQ. Efektivitas Proses Pembelajaran PAI Berbasis Penugasan Portofolio Pada Siswa Kelas XII SMA PIRI I Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah permasalahan umum yang biasa muncul pada proses pembelajaran yaitu keterbatasan alokasi waktu, orientasi pendidikan yang tidak tepat, politisasi pendidikan hingga praktik pembelajaran yang terkait dengan pendekatan, metode dan materi pendidikan yang menekankan aspek kognitif, normatif, indoktrinatif yang dalam perkembangannya mempengaruhi terbentuknya kecenderungan keberagamaan yang didasarkan pada semangat kelompok. Masalah-masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran mata pelajaran PAI di kelas XII SMA PIRI 1 Yogyakarta adalah belajar hanya bersifat kognitif saja sehingga pemahaman siswa menjadi terbelnggu pada teks, rendahnya motivasi belajar, sehingga siswa cenderung tidak aktif pada proses pembelajarannya yang menyebabkan transformasi ilmu pengetahuan dari guru ke siswa kurang maksimal, sehingga guru merasa butuh model pembelajaran yang menyenangkan dan membuat siswa aktif dan bisa memperoleh ilmu secara langsung ke lapangan yaitu dengan model pembelajaran berbasis portofolio yang berlandaskan pada filsafat konstruktifistik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar siswa kelas XII SMA PIRI I Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makana itulah ditarik kesimpulan untuk menyusun hasil karya untuk pengembangan panduan pembelajaran PAI di SMA PIRI I Yogyakarta. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber dan perpanjangan keikutsertaan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan: (1) proses pembelajaran PAI di SMA PIRI I Yogyakarta secara konseptual masih perlu diperbaiki baik dalam pembuatan silabus dan RPP karena pada dasarnya sebuah rencana itu sangat berpengaruh besar dalam pelaksanaannya dan hasilnya. (2) Model pembelajaran PAI berbasis penugasan portofolio dilaksanakan melalui empat tahapan, yaitu tahap pemberian tugas, pelaksanaan tugas, reses, dan pertanggungjawaban. Dalam menyusun model tersebut peneliti melalui enam tahapan yaitu, melalui potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba pemakaian. Dari proses tersebut maka didapatkan model sebuah model pembelajaran bagi PAI yang notabene berlandaskan pada pengembangan tiga aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik.(3) Berdasarkan hasil uji coba model pembelajaran PAI berbasis penugasan portofolio maka dapat dikatakan bahwa model pembelajaran ini sudah efektif, yaitu dengan menggunakan hasil dari pretest dan postest yaitu didapatkan angka 78.26% dari jumlah murid yang itu mengindikasikan bahwa pembelajaran tersebut maksimal/ baik. Key word: Efektivitas, Proses Pembelajaran PAI, Portofolio

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Proses Pembelajaran PAI, Portofolio
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 07 Mar 2014 09:11
Last Modified: 07 Mar 2014 09:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9958

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum