SITI MUNFARIDA, NIM. 08410221 (2012) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTsN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2011-2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.
|
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text
BAB II, III.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
SITI MUNFARIDA. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Akidah Akhlak Di MTsN Yogyakarta II Tahun Ajaran 20112012. Skripsi. Yogyaklarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Pelajaran Akidah Akhlak merupakan salah satu mata pelajaran Pendidikan Islam yang ada di MTsN Yogyakarta II. dengan adanya pelajaran ini idealnya para siswa memiliki pribadi dengan cirri khas Madrasah, yang mencerminkan, melihat kenyataan tingkah laku siswa tidak mencerminkan pribadi yang berciri kahas madrasah. Menyikapi hal tersebut guru disini terlibat dalam tantangan terhadap tugas besarnya dalam usaha bagaimana cara membimbing siswanya dengan ciri khas pribadi madrasah. Untuk itu peneliti tertarik mengadakan penelitian tentang Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Akidah Akhlak Di MTsN Yogyakarta II Tahun Ajaran 2011-2012. Dalam penelitian ini tujuannya antara lain: (a) Untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak di MTsN Yogyakarta II; (b) Untuk mengetahui faktor penunjang dan penghambat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak di MTsN Yogyakarta II. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang bertempat di Desa Mendungan UH VII/566 Kelurahan Giwangan Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, kuesioner. Analisa data dengan menelaah seluruh data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan: 1) Upaya yang dikakukan oleh guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak dibedakan menjadi dua cara; a) Kegiatan Intrakulikuler meliputi segala hal yang berkaitan kegiatan pembelajaran Akidah Akhlak yang terjadi di dalam kelas; b) Kegiatan Ektrakulikuler meliputi kegiatan yang terjadi di luar kelas seperti: les Iqro’, shalat berjamaah, kegiatan mujahadah, dan kegiatan pengajian bergilir, infak bersama dan sambut mentari, pesantren kilat. 2) Faktor penunjang: (a) Koleksi buku perpustakaan yang memadai; (b) Alat pembelajaran yang memadai; (c) Terjalin kerjasama dengan baik antar guru bidang studi dan dengan orang tua. Faktor penghambat: (a) Perpustakaan yang kurang berfungsi; (b) Kurang memfungsikan alat peraga; (c) Adanya siswa yang ramai dan kurang pemperhatikan dalam pembelajaran; (d) Terdapatnya sebagian siswa kelas VII yang belum bisa membaca Al-Qur’an dan menulis huruf hijaiyah (e) Terbatasnya pengawasan dan kontrol dari guru terhadap para siswa di sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aqidah akhlak, pembelajaran anak |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Edi Prasetya [edi_hoki] |
Date Deposited: | 07 Mar 2014 09:11 |
Last Modified: | 07 Mar 2014 09:11 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9963 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |