UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs YAKETUNIS KOTA YOGYAKARTA

EKO WAHYUDI, NIM. 08470084 (2012) UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs YAKETUNIS KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)

Abstract

Eko Wahyudi. Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Mts Yaketunis. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa anak tunanetra memiliki motivasi dan prestasi belajar yang sama dengan anak normal. Namun agar semua itu dapat terbayang dan seorang siswa tunanetra dapat termotivasi dan berprestasi dengan lebih baik tentunya ada hal-hal yang harus disampaikan pada bapak/ibu guru kususnya guru bimbingan konseling. Untuk itu dalam penelitian ini yang menjadi permasalahan adalah bagaimana motivasi siswa Mts Yaketunis Yogyakarta dan apa sajakah upaya-upaya yang telah ditempuh oleh guru bimbingan konseling dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswanya. Oleh karena itu dalam penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang motivasi dan prestasi belajar siswa, serta upaya guru bimbingan konseling dalam mendidiknya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan siswa yang kurang termotifasi ataupun yang belum berprestasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang MTs Yaketunis Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, penyajian data yang sudah dikumpulkan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Motivasi siswa Mts Yaketunis terdapat tiga level yaitu: rendah (12,5%), sedang (37,5%), dan tinggi (50%). (2) Guru bimbingan konseling berupaya untuk memberikan motivasi pada siswa-siswanya dengan cara: membimbing, mengorganisasi, dan memotivasi secara akademik maupun nonakademik. (3) Prestasi siswa Mts Yaketunis selama tiga tahun terahir ini cukup membanggakan. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil Nilai Rapot, Ujian Nasional yang mencapai kelulusan antara 99-100%, serta prestasi-prestasi non akademik seperti juara lomba puisi, mengarang, dan juara menyanyi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bimbingan konseling, motivasi, prestasi belajar
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 07 Mar 2014 08:45
Last Modified: 24 Mar 2017 10:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9964

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum