ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPTIF MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA: STUDI KASUS PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF KLANGON, KALIBAWANG, KULON PROGO

SITI ZULAEKAH, NIM. 08480071 (2012) ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPTIF MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA: STUDI KASUS PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF KLANGON, KALIBAWANG, KULON PROGO. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (376kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran yang baik dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan minat dan kemampuan menulis paragraf deskriptif mata pelajaran Bahasa Indonesia: studi kasus pada siswa kelas IV MI Ma’arif Klangon, Kalibawang, Kulonprogo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Ma’arif Klangon, Kalibawang, Kulon Progo. Data yang dikumpulkan berupa proses pembelajaran dari observasi kelas, data minat belajar yang di dapat dari angket minat dan data nilai siswa yang di dapat dari pemberian tugas kelompok dan individu. Data-data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan persentase menggunakan program SPSS (Statistical Package for Social Sciences) versi 15. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan minat belajar dan kemampuan menulis paragraf deskriptif pada siswa kelas IV MI Ma’arif Klangon mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dengan nilai signifikan minat antara pretest dengan siklus I sebesar 0,332 atau 33,2% dan nilai signifikan minat siklus I ke siklus II mengalami peningkatan menjadi 1,00 atau 100%. Sedangkan angka signifikan kemampuan menulis siswa menyusun paragraf deskripsi pretest dengan nilai kemampuan siklus satu sebesar 0,396 atau 39,6% dan pada nilai signifikan siklus I dengan siklus II sebesar 1,00 atau 100% dengan nilai 7,5. Kata kunci: Minat, Kemampuan, Deskripsi, CIRC,SPSS 15

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat, Kemampuan, Deskripsi, CIRC,SPSS 15
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 07 Mar 2014 02:11
Last Modified: 23 Jan 2017 03:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9967

Actions (login required)

View Item View Item