UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR AKIDAH AKHLAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUESTIONS STUDENT HAVE DI KELAS V MI MA’HAD ISLAMY KOTAGEDE YOGYAKARTA

UMMI HIDAYATI , NIM. 08480043 (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR AKIDAH AKHLAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUESTIONS STUDENT HAVE DI KELAS V MI MA’HAD ISLAMY KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)

Abstract

UMMI HIDAYATI. Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Akidah Akhlak dengan Menggunakan Metode Questions Student Have di Kelas V MI Ma’had Islamy Kotagede Yogyakarta. Skrpsi. Yogyakarta: Jurusan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Latar Belakang Masalah penelitian ini adalah rendahnya keaktifan siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak kelas V MI Ma’had Islamy Kotagede Yogyakarta yang disebabkan guru lebih sering menggunakan metode ceramah dalam melaksanakan pembelajaran sehingga siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : ( 1 ) Bagaimana penerapan metode Questions Student Have dalam pembelajaranya Akidah Akhlak di kelas V MI Ma’had Islamy Kotagede Yogyakarta. ( 2 ) Bagaimana hasil peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas V MI Ma’had Islamy Kotageede Yogyakarta dengan metode Questions Student Have. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Ma’had Islamy Kotagede Yogyakarta yang berjumlah 15 siswa. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak dengan mengunakan metode Quetions Stundent Have. Penelitian tindakan kelas ini terlaksana dalam 2 siklus yang mana setiap siklunya terdiri dari 2 pertemuan. Data diperoleh dari lembar observasi, angket keaktifan siswa, hasil wawancara dengan siswa dan guru, serta dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah : ( 1 ) Penerapan metode Questioons Student Have meliputi hal-hal yang membuat siswa semakin berani bertanya kepada guru ketika mengalami kesulitan dalam memahami materi yang telah disampaikan oleh guru, dan melalui kegiatan ini guru menjadi tahu sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami materi yang telah diajarkan. Kegitan ini berpusat kepada siswa, sehingga siswa menjadi semakin aktif untuk bertanya mengenai hal-hal yang belum difahaminya. ( 2 ) Peningkatan keaktifan belajar siswa kelas V mengalami perubahan dari siklus I ke siklus II. Dengan diterapkanya metode Questioons Student Have keaktifan belajar siswa selama pembelajaran Akidah Akhlak mengalami peningkatan. Secara kualitatif peningkatan keaktifan siswa terlihat dari peningkatan rata-rata persentase skor angket keaktifan belajar dari pra tindakan dan siklus I ke siklus II. Pada pra tindakan sebesar 58,81% dengan kategori sedang dan siklus I yaitu sebesar 72,75 % dengan kategori tinggi ke siklus II sebesar 87,21 % dengan kategori sangat tinggi. Hasil observasi keaktifan siswa juga menunjukan adanya penigkatan persentase dari siklus I sebesar 75% dengan kualifikasi tinggi pada siklus II meningkat dengan kenaikan persentase keaktifan siswa menjadi 87,25% dengan kualifikasi sangat tinggi. Hal ini berarti presentase keaktifan meningkat sebesar 6,25%. Kata Kunci : Keaktifan Belajar, Akidah Akhlak, Metode Questions Student Have

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Belajar, Akidah Akhlak, Metode Questions Student Have
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 10 Mar 2014 10:41
Last Modified: 23 Jan 2017 11:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9976

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum