PERAN GURU AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS IIIMI SANANUL ULA PIYUNGAN BANTUL

FITRIA NUR BAYTI, NIM. 08480087 (2012) PERAN GURU AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS IIIMI SANANUL ULA PIYUNGAN BANTUL. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (171kB)

Abstract

FITRIA NUR BAYTI. Peran guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di MI Sananul Ula Piyungan Bantul. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Al-Qur’an Hadits kelas III dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an serta upaya guru Al-Qur’an Hadits kelas III dalam meningkatkan kemampuan membaca dan mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di MI Sananul Ula Piyungan Bantul. Objek dari penelitian ini adalah peran guru Al-Qur’an Hadits kelas III dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an, serta upaya guru Al- Qur’an Hadits kelas III dalam meningkatkan kemampuan membaca dan mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Di MI Sananul Ula Piyungan Bantul dalam peran guru Al-Qur’an Hadits memberikan pengajaran Al-Qur’an terhadap siswa dengan menggunakan langkah-langkah yaitu menentukan tujuan yang ingin dicapai, menentukan materi yang disampaikan, menentukan metode yang ingin digunakan, memberikan tugas kepada siswa, memberikan dorongan kepada siswa agar belajar dengan sungguhsungguh, selalu memberikan nasehat kepada siswa, adapun upayanya dengan mnggunakan iqra dan hafalan surat pendek dan adapun faktor pendukung yaitu: Lingkungan yang kondusif, masyarakat sekitar MI Sananul Ula mayoritas beragama Islam, adanya buku-buku yang mendukung kegiatan tersebut, adanya dukungan dari orang tua, adanya kesadaran guru agama yang tinggi dalam mengajar . Adapun faktor penghambat yaitu: Minimnya jumlah buku pendukung yang digunakan peserta didik, jumlah siswa yang banyak, mayoritas siswa-siswa yang masuk kurang mampu dalam membaca Al-Qur’an, motivasi belajar siswa masih kurang, waktu yang tersedia untuk proses belajar mengajar Al-Qur’an Hadits sangat singkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peran guru al-qur’an hadits, kemampuan membaca al-qur’an
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 07 Mar 2014 02:18
Last Modified: 18 Jan 2017 02:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9985

Actions (login required)

View Item View Item