NILAI NILAI OPTIMISME DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DALAM FILM HAFALAN SHOLAT DELISA KARYA SUTRADARA SONY GAOKASAK

HISBIYATUL LAILIYAH, NIM. 08470125 (2012) NILAI NILAI OPTIMISME DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DALAM FILM HAFALAN SHOLAT DELISA KARYA SUTRADARA SONY GAOKASAK. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Hisbiyatul Lailiyah, Nilai-Nilai Optimisme dan Implikasinya terhadap Motivasi Belajar Anak dalam Film Hafalan Sholat Delisa Karya Sutradara Sony Gaokasak. Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menemukan nilai-nilai optimisme yang terdapat dalam film Hafalan Sholat Delisa karya sutradara Sony Gaokasak dan untuk menguraikan implikasi nilai optimisme terhadap motivasi belajar anak dalam Film Hafalan Sholat Delisa Karya Sutradara Sony Gaokasak. Pendekatan yang digunakan oleh penulis adalah pendekatan semiotik, yaitu pendekatan yang memperhatikan tanda tersirat maupun tersurat dalam karya sastra. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Dokumentasi dan penelitian ini bersifat deskriptif-Analitis. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini, nilai optimisme dan implikasinya terhadap motivasi belajar anak yang terdapat dalam film Hafalan Sholat Delisa karya sutradara Sony Gaokasak adalah Pertama, memiliki pengharapan yang tinggi dapat menumbuhkan motivasi tersendiri dalam diri Delisa dan terdapat potensi-potensi yang mengantarkannya menuju impiannya. Kedua, Tidak mudah putus asa mendorong Delisa untuk selalu konsisten dalam belajar manghafal bacaan sholat. Ketiga, Mampu memotivasi diri : Dorongan yang berasal dari orang terdekat Delisa sangat mempengaruhi motivasi diri dalam melakukan sebuah tindakan. Kesinambungan dalam mengontrol emosi diri dan orang lain merupakan modal kunci dalam memotivasi diri sendiri untuk berhasil. Keempat, memandang kegagalan sebagai hal yang bisa diubah, bukan dengan menyalahkan diri sendiri : Kegagalan yang dialami oleh Delisa ketika menghafalkan bacaan sholat merupakan pijakan utama untuk menjadikannya berhasil. Keyakinan untuk mampu melakukan dan rasa percaya diri yang tinggi sangat mempengaruhi dan mendorong motivasi untuk keberhasilan dan cita-cita Delisa. Kelima, memiliki kepercayaan diri yang tinggi : Percaya diri akan mendorong untuk yakin atas kemampuan yang dimiliki Delisa sehingga mampu menemukan alternatif cara dan langkah untuk mencapai suatu tujuan yang diharapkan. Keenam, tidak bersikap pasrah merupakan sikap untuk mengubah kenyataan untuk lebih baik. Dengan keyakinan yang kuat, bersungguh-sungguh, berfikir positif dan ikhlas merupakan kunci untuk sebuah keberhasilan Delisa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: optimisme, motivasi belajar dan delisa
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 07 Mar 2014 09:13
Last Modified: 24 Mar 2017 10:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9989

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum