UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA DI KELAS II B MI GUPPI 01 JEMBANGAN BANJARNEGARA

YULIS MULYANTI, NIM. 09481365 (2012) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA DI KELAS II B MI GUPPI 01 JEMBANGAN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (478kB)

Abstract

YULIS MULYANTI. “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Penjumlahan Melalui Penggunaan Alat Peraga Di Kelas II B MI GUPPI 01 Jembangan Banjarnegara”. Skripsi. Yogyakarta: Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui prestasi belajar siswa kelas II B MI GUPPI 01 Jembangan dalam pembelajaran matematika sebelum menggunakan alat peraga pada materi penjumlahan; (2) Mengetahui penggunaan Alat peraga dalam pembelajaran Matematika di kelas II B MI GUPPI 01 Jembangan; (3) Mengetahui besarnya peningkatan prestasi belajar siswa kelas II B MI GUPPI 01 Jembangan dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitan ini mengambil subjek siswa kelas II B MI GUPPI 01 Jembangan Banjarnegara tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 30 siswa. Fokus pada penelitian ini adalah penggunaan alat peraga dalam upaya meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi penjumlahan melalui pemanfaatan alat peraga. Pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes prestasi dengan memberikan soal tes pada setiap akhir siklus. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan pada nilai rata-rata prestasi belajar siswa dan nilai siswa ≥ KKM 65 mencapai 85%. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam menyelesaikan penjumlahan dengan teknik menyimpan; (2) Pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa; (3) prestasi yang dicapai pada Siklus pertama 59. Dari siklus pertama ke siklus kedua mengalami peningkatan sebesar 15,33 sehingga pada Siklus kedua nilai rata-ratanya sebesar 74.33 dan dari Siklus kedua ke siklus ketiga mengalami peningkatan sebesar 6 sehingga siklus ketiga nilai rataratanya menjadi 80.33. Rata-rata ini telah melebihi KKM Madrasah; (3) Keadaan siswa selama mengikuti pembelajaran matematika melalui penggunaan alat peraga sangat kondusif, sehingga apa yang diharapkan mudah tercapai. Hasil observasi aktifitas dan sikap siswa pada siklus pertama 72.5%, siklus kedua 85% dan siklus ketiga 90% dilihat persentasenya meningkat berarti proses pembelajaran telah sukses sesuai harapan. Kata Kunci: Pembelajaran Matematika MI, Alat Peraga, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika MI, Alat Peraga, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 11 Mar 2014 01:12
Last Modified: 23 Jan 2017 08:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9992

Actions (login required)

View Item View Item