UPAYA MENINGKATAKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT ACHIEVEMENT DEVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS V MI YAPPI MULUSAN PALIYAN GUNUNGKIDUL

LINA PUJIASTUTI, NIM. 08480051 (2012) UPAYA MENINGKATAKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT ACHIEVEMENT DEVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS V MI YAPPI MULUSAN PALIYAN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)

Abstract

Lina Pujiastuti. Upaya meningkatkan prestasi belajar IPA dengan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divisions (STAD) pada siswa kelas V MI YAPPI mulusan paliyan gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa karena kuranga kerjasama antara satu siswa dengan siswa lainnya sehingga membuat suasana kelas menjadi tidak kooperatif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran. Perbaikan pembelajaran ini menggunakan metode team achievement devisions (STAD) yang diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI YAPPI mulusan paliyan gunungkidul tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 21 siswa. Data-data yang dikumpulkan berupa data nilai siswa (pra tindakan dan evaluasi), hasil observasi dan wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal, lembar observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data untuk prestasi belajar siswa menggunakan display data yaitu dengan menghitung seberapa besar presentase prestasi siswa kelas V MI YAPPI Mulusan Paliyan Gunungkidul. Hasil analisis prestasi belajar siswa kelas V MI YAPPI Mulusan Paliyan Gunungkidul pada matapelajaran Matematika mengalami peningkatan. Pada saat pra tindakan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa atau sebesar 71,42%. Nilai rata-rata siswa pada pra tidakan 67,61 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 50. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa atau sebesar 76,19%. Nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 71,90 dengan nilai tertinggi 90 dan terendah 50. Siklus II juga menunjukkan peningkatan, yaitu ada 18 siswa yang tuntas atau sebesar 85,71%. Nilai rata-rata pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 80 dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 50. Dengan demikian, penerapan metode student time achievement devision (STAD) dapat meningkatakan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di MI YAPPI Mulusan Paliyan Gunungkidul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: prestasi, student team achievement devisions (STAD), IPA, MI
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 07 Mar 2014 09:17
Last Modified: 18 Jan 2017 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9995

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum