Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:07:19ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2020-04-21T04:51:09Z2020-04-21T04:51:09Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39005This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/390052020-04-21T04:51:09Zتطوير مادة تدريس اللغة العربية لترقية مهارة القراءة للطلاب الجدد
بمعهد منهاج التمييز الإسلامي تيموهو يوكياكرتا فى السنة الدراسيةLatar belakang penelitian ini adalah untuk
mengembangkan bahan ajar bahasa Arab yang sesuai
dengan kebutuhan santri baru pondok pesantren Minhajut
Tamyiz Timoho Yogyakarta. Maka penelitian ini
bertujuan untuk membuat produk berupa buku
pembelajaran bahasa Arab sekaligus menguji
kelayakannya. Rumusan masalah ini terbagi menjadi 3
poin pertanyaan yaitu : (1) Bagaimana prosedur
pengembangan bahan ajar bahasa Arab untuk
meningkatkan kemampuan membaca bagi santri baru
pondok pesantren Timoho Minhajut Tamyiz Yogyakarta?,
(2) Bagaimana hasil validasi ahli terhadap produk bahan
ajar bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan
membaca bagi santri baru pondok pesantren Timoho
Minhajut Tamyiz Yogyakarta?, (3) Bagaimana hasil
respon santri baru terhadap produk bahan ajar bahasa Arab
untuk meningkatkan kemampuan membaca?
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian
dan Pengembangan (R & D) dengan model pengembangan
Borg & Gall, yaitu : menemukan potensi dan masalah
serta pengumpulan (observasi, wawancara, dokumentasi,
penyebaran angket dan juga review bahan ajar),
penyusunan bahan ajar, validasi dari ahli pembelajaran
bahasa Arab, revisi produk awal, uji coba produk di kelas
kecil, revisi kedua, uji coba produk di kelas besar, revisi
terakhir, dan produk ahir. Produk akhir dari
pengembangan ini adalah buku ajar yang berjudul Madkholul Arobiyyati yang materi intinya berisi dari teks,
kosa kata, qowaid dan juga latihan latihan.
Hasil validasi desain terhadap buku ini pada
komponen isi materi mendapatkan skor 3,00 dengan
kategori “cukup” dan pada komponen penyajian materi
mendapatkan skor 3,00 dengan kategori “cukup” dan pada
komponen kualitas materi mendapatkan skor 3,00 dengan
kategori “cukup”. Respon santri baru pondok pesantren
Minhajut Tamyiz terhadap buku ini ketika kelas kecil
adalah “baik” dengan skor 3,78. Adapun respon santri
baru pada kelas besar juga berkategori “baik” dengan skor
3,99. Dengan demikian hasil penelitian tersebut
menunjukkan bahwa buku bahan ajar layak untuk
digunakan dalam proses pembelajaran bahasa ArabNIM. 17204010038 أحمد مفتاح النعم