Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:58:37ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2015-10-15T01:15:48Z2015-10-15T01:15:48Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17661This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/176612015-10-15T01:15:48ZIMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS
MODEL PEMBINAAN STRUKTURAL RELIGIUS
(Studi Kasus di SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto)A. NURKHOLISH ANASUKHA. Implementasi Pendidikan Agama Islam
Berbasis Model Pembinaan Struktural Religius (Studi Kasus di SMA IT Al Irsyad
Al Islamiyyah Purwokerto). Tesis. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam,
Konsentrasi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2015.
Latar belakang penelitian ini bahwasannya PAI merupakan salah satu mata
pelajaran wajib di sekolah yang harus diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Namun, hal ini belum bisa tercapai dengan baik dikarenakan PAI lebih concern
kepada teori, adanya isu kenakalan remaja dan sistem evaluasi PAI yang kurang
bermakna. Sehingga, hal ini dapat berdampak negatif pada perilaku peserta didik.
Maka, dibutuhkan suatu upaya yang dapat mengaplikasikan materi PAI ke dalam
praktek agar lebih berdampak nyata. Penambahan jam pelajaran PAI ke dalam
bentuk kegiatan keagamaan sebagai salah satu upaya dalam membina, mendidik,
dan membimbing peserta didik agar terbentuk akhlakul karimah. Melalui model
struktural, kepala sekolah bersama seluruh warga sekolah melaksanakan kegiatan
keagamaan dalam rangka menciptakan budaya religius di sekolah.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), bersifat deskriptif
kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan
metode observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Analisis data
menggunakan model Miles dan Huberman yaitu dengan melakukan reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Konsep pendidikan agama Islam berbasis
model pembinaan struktural religius di SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto
didasarkan atas adanya instruksi melalui surat keputusan kepala sekolah No.
01/10307/L-1.5/SK/2014 tentang Rencana Kerja Sekolah tahun pelajaran 2014/2015,
melalui empat tahapan: a). Sekolah melihat permasalahan atau instruksi dari yayasan
LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto b). Mengkoordinasikan dengan tim
manajemen. c). Membentuk koordinator dan susunan kepanitiaan. d). Menyusun
rencana kerja. Strategi yang digunakan adalah power strategi dan persuasive strategy
dengan metode penciptaan budaya religius, internalisasi nilai, keteladan, pembiasaan
dan pembudayaan. (2) Implementasi pendidikan agama Islam berbasis model
pembinaan struktural religius diintegrasikan ke dalam: a) kegiatan harian: shalat
dhuhur berjamaah, dzikir pagi dan sore, halaqah dan subuh call. b). kegiatan
mingguan: shalat sunah dhuha, tadarus Al Qur’an, tasmi’ Al Qur’an, subuh keliling,
infaq hari jum’at, dan shalat jum’at berjamaah. c). kegiatan bulanan: subuh mubarok
dan kajian rutin rohis. d). kegiatan tahunan: ibadah latihan qurban, ‘Itikaf, malam bina
iman dan taqwa, bina diniyah, zakat fitrah, pengenalan lingkungan masyarakat.
Faktor pendukung: manajemen sekolah yang baik, peserta didik mudah diajak
bekerjasama, sumber pendanaan yang mendukung, SDM/guru yang berkualitas,
lingkungan sekolah yang agamis, dukungan dari orang tua/wali peserta didik. Faktor
penghambat: terlalu banyak program kegiatan, masalah personal atau guru, sarana dan
prasarana yang belum maksimal, mis-communication antara guru dan manajemen, miscommunication
antara pihak sekolah dan orang tua/wali peserta didik, pergaulan peserta
didik di luar sekolah, peserta didik manja dan suka datang terlambat. Solusi hambatan:
rapat lokal MGMP PAI, rapat setiap akhir pekan, pemecahan masalah langsung di
tempat, mengubah aula menjadi tempat ibadah, pengawasan melalui buku laporan
kegiatan peserta didik, home visit (berkunjung ke rumah peserta didik).NIM: 1320411039 A. NURKHOLISH ANASUKHA