Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T04:48:30ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2013-05-16T10:55:38Z2017-01-24T02:28:05Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7718This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/77182013-05-16T10:55:38ZNILAI-NILAI PENDIDIKAN UNTUK ANAK
USIA MADRASAH IBTIDAIYAH
(Kajian Dalam Novel Totto-Chan: Gadis Cilik Di Jendela
Karya Tetsuko Kuroyanagi)
A’IZZA FAUZIYA. Nilai-Nilai Pendidikan Untuk Anak Usia Madrasah
Ibtidaiyah (Kajian Dalam Novel Totto Chan: Gadis Cilik di Jendela Karya
Tetsuko Kuroyanagi). SKRIPSI. Yogyakarta: Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis
nilai-nilai pendidikan dalam proses pembelajaran yang terkandung dalam novel
Totto-Chan: Gadis Cilik di Jendela Karya Tetsuko Kuroyanagi.
Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka (Library Research), yang
menggunakan pendekatan obyektif dan pragmatik. Metode pengumpulan data
dengan metode dokumentasi. Untuk menganalisis data, digunakan analisis isi
(Conten Analysis) dari analisis tersebut ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran di
Sekolah Tomeo mengandung nilai-nilai pendidikan yang dapat membantu peserta
didik menjadi seseorang yang berkepribadian baik. Adapun proses pembelajaran
tersebut dilakukan dengan cara, antara lain: belajar dari alam, jadwal pelajaran
wajib dan bermain, pembelajaran euritmik (musik), latihan berbicara di depan
umum (cerita), guru tani, peraturan tempat duduk dan peraturan seragam,
kepedulian kepada sesama (tolong menolong), kemandirian, mengenal satu
dengan yang lain, menghormati lingkungan, tanggungjawab, bercerita di depan
kelas dan perasaan empatik.
Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan, Anak Usia MI/SD, Novel Totto-Chan.
NIM. 08480083 A’IZZA FAUZIYA