Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T22:45:36ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-03-19T06:35:23Z2017-05-03T08:39:11Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11083This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/110832014-03-19T06:35:23ZPENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK TERARAH DALAM
UPAYA MENINGKATKAN MAHĀRAH QIRĀ’AH BAGI SISWA KELAS
VIII B MTsN SUMBERGIRI PONJONG GUNUNGKIDUL
YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014
ABDUL FAQIH. Penerapan Metode Diskusi Kelompok Terarah dalam
Upaya Meningkatkan Mahārah Qirā’ah Siswa Kelas VIII B MTsN Sumbergiri
Ponjong Gunungkidul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi
Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan
Kalijaga Yogyakarta, 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan metode diskusi
kelompok terarah dalam upaya meningkatkan mahārah qirā’ah siswa kelas VIII B
MTs Negeri Pundong Bantul, (2) mengetahui seberapa efektif penerapan metode
diskusi kelompok terarah dalam upaya meningkatkan mahārah qirā’ah bagi
siswa kelas VIII B MTs Negeri Sumbergiri Ponjong Gunungkidul.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, mengambil lokasi di
MTsN Sumbergiri Ponjong Gunungkidul Tahun ajaran 2013/2014. Sedangkan
jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitiannya
adalah siswa kelas VIII B MTsN Sumbergiri Ponjong Gunungkidul yang
berjumlah 25 orang terdiri dari 17 orang siswa putra dan 8 orang siswi putri.
Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, wawancara,
dokumentasi, lembar soal pre-test, post-test dan evaluasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan dua kesimpulan utama : (1) pelaksanaan
tindakan, berupa penerapan diskusi kelompok terarah dengan membagi siswa
menjadi kelompok besar dan kecil serta mendiskusikan tema sesuai dengan
pembahasan pada materi teks qirā’ah, serta mencari kosakata yang sulit, observasi
tindakan, berupa dengan lihat langsung respon anak terhadap penerapan metode
diskusi kelompok terarah serta menanyakan kepada siswa mengenai metode yang
telah di terapkan dan refleksi tindakan berupa penganalisisan tindakan siswa dan
mencari solusi untuk diterapkan ke siklus selanjutnya. (2) setelah diterapkannya
metode diskusi kelompok terarah dengan model diskusi kelompok kecil dan
kelompok besar dalam pembelajaran bahasa Arab, mahārah qirā’ah siswa
mengalami peningkatan. Hal ini terlihat pada nilai rata-rata pre-test, post-test dan
evaluasi pada siklus I meningkat dari 63,2 menjadi 71,4 dan 83. Sedangkan pada
siklus II nilai rata-rata pre-test, post-test, dan evaluasi meningkat dari 65,2
menjadi 79,2 dan 90,8. Dari peningkatan tersebut dapat dikatakan bahwa
penerapan metode diskusi kelompok terarah dengan model dan dan tidak monoton
sangat efektif dalam upaya untuk meningkatkan mahārah qirā’ah bagi siswa.
NIM. 09420118 ABDUL FAQIH