Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:24:33ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2017-07-20T01:12:37Z2017-07-20T01:12:37Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26444This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/264442017-07-20T01:12:37ZQASIDAH RISALAH MIN TAHTI AL MA' LI NAZAR QABANY (DIRASAH TAHLILIYYAH 'AN TABAQAT MI'YAR RUMAN INGHAR DIN)Skripsi yang berjudul Qashidah “Risalah Min Tahti al-Ma’” dalam
Kajian Strata Norma Roman Ingarden ini mengkaji sebuah puisi dalam
Antologi Puisi al-A’mal al-Kamilah karya Nizar Qabbani. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah bagaimana isi lapis bunyi, lapis arti, lapis hal-hal yang
dikemukakan, lapis dunia, dan lapis metafisis? Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui lapis-lapis tersebut. Teori yang digunakan untuk menganalisis puisi
tersebut adalah teori strata norma Roman Ingarden yang dijelaskan di dalam
buku Das Literarische Kuntswerk (via Rachmat Djoko Pradopo, ٢٠٠٢; ١٤-٢٠)
bahwasannya ada lima lapisan strata norma, yaitu lapis bunyi (sound stratum),
lapis arti (units of meaning), lapis hal-hal yang dikemukakan, lapis dunia, dan
lapis metafisis.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwasannya lapis bunyi dalam puisi
“Risalah Min Tahti al-Ma’” dibentuk oleh domonasi huruf hijaiyyah yang bersifat
berat, parau, dan sangau, yaitu huruf ، ك، ق، ل، م، ع، ن، ر dan ه yang
menunjukkan bahwa puisi tersebut sangat merdu dan penuh perasaan. Lapis
artinya berisi tentang kekecewaan tokoh Aku karena cintanya kepada tokoh Kamu
tidak terbalas. Lapis arti dibentuk oleh isti’arah tashrihiyyah dan isti’arah
makniyyah, majaz mursal, dan majaz ‘aqli. Selain itu juga dibentuk oleh tasybih
mursal, tasybih muakkad, dan tasybih mujmal.
Objek-objek yang dikemukakan dalam lapis ketiga yaitu kata أشتاق، جذور
ھواك، الدمعة، ضوء الشمس، الظلماء، الغبات، الصخراء، dan فن العوم . Pelaku dalam
puisi tersebut adalah tokoh “Aku” dan “Kamu”. Latar tempatnya yaitu ، فوق البر
تحت الماء، فى الماء، dan أعماق الماء . Lapis dunianya adalah bahwa puisi tersebut
menceritakan tentang cinta seorang perempuan yang tidakterbalaskan. Sedangkan
lapis metafisisnya adalah bahwasannya jika dilihat dari segi filosofisnya, air itu
menunjukkan sikap pasrah. Akan tetapi air tetap memiliki tujuan, yaitu laut.
Begitu juga dengan kisah cinta tokoh Aku, walaupun dia pasrah dengan
keadaannya akan tetapi tujuan cintanya adalah hanya untuk tokoh Kamu.NIM. 10110113 ADE MUSOFA ZUHRI