Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:39:59ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-12-17T05:09:46Z2016-12-17T05:09:46Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22955This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/229552016-12-17T05:09:46ZVALUASI EKONOMI PARIWISATA DENGAN METODE
BIAYA PERJALANAN (TRAVEL COST METHOD) DI PANTAI
NGLAMBOR GUNUNG KIDULPembangunan pada sektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang
potensial bagi pemerintahan daerah. Apalagi dengan adanya investasi yang
diterima oleh kabupaten Gunung Kidul di sektor industri, pariwisata, dan
pertanian. Spesifiknya, investasi yang diterima seharusnya berbanding lurus
dengan pembangunan dan pembukaan objek wisata baru di kawasan wisata alam,
khususnya daerah Gunung kidul yang memiliki pesisir pantai terluas. Pantai
Nglambor merupakan satu dari tujuh puluh pantai yang telah dibuka sebagai objek
wisata. Sebagai objek wisata yang telah dibuka, tentunya pantai Nglambor
memiliki nilai ekonomi. Untuk mengetahui nilai ekonomi tersebut, perlu
dilakukan valuasi ekonomi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar nilai ekonomi
objek wisata pantai Nglambor yang dapat dilihat dari biaya perjalanan (travel
cost) dan juga untuk mengetahui apakah pendapatan, jarak, akses, keindahan,
fasilitas, usia, dan frekuensi kunjungan berpengaruh terhadap minat wisatawan
untuk melakukan kunjungan ke pantai Nglambor. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif.
Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yaitu
sampling aksidental. Analisis data yang digunakan adalah analisis biaya
perjalanan dan analisis regresi logistik.
Berdasarkan hasil analisis biaya perjalanan, diketahui bahwa nilai
ekonomi objek wisata pantai Nglambor dengan pendekatan biaya perjalanan
terbesar berasal dari kabupaten Temanggung. Berdasarkan hasil analisis regresi
logistik, diketahui bahwa minat wisatawan secara signifikan dipengaruhi oleh
pendapatan, jarak, akses, dan frekuensi kunjungan.
Saran yang dapat diberikan oleh peneliti kepada pihak-pihak yang
berwenang yaitu pemerintah daerah dan pengelola pantai Nglambor untuk terus
meningkatkan keindahan dan menambahkan sarana-prasarana seperti mushola,
tempat parkir kendaraan yang lebih dekat menuju objek wisata, serta penambahan
tempat sampah di berbagai sudut objek wisata guna untuk mendorong minat
wisatawan supaya berkunjung ke pantai Nglambor .NIM: 13810065 ADITYA AGUNG PRATAMA