Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:11:01ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-02-01T01:00:53Z2016-02-01T01:00:53Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19126This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/191262016-02-01T01:00:53ZPROFESIONALISME GURU MENURUT H.A.R TILAAR DAN RELEVANSINYA DENGAN UNDANG-UNDANG NO. 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSENProfesionalisme Guru dalam pendidikan sangat penting dan perlu untuk
selalu dikembangkan ditengah arus globalisasi. Pendidikan merupakan salah satu
faktor terpenting dalam kemajuan dan kemunduran suatu bangsa. Salah satu
faktor yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan adalah guru. Tugas seorang
guru adalah mengajar, mendidik, dan melatih. Oleh sebab itu, profesionalisme
guru sangat diperlukan. Pada penelitian ini sosok guru profesional dilihat dari
pemikiran tokoh yaitu Prof. HAR. Tilaar. Beliau merupakan salah satu pemikir
pendidikan kritis yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Kemudian, pemikiran
tersebut dihubungkan dengan kebijakan pemerintah yang terdapat pada Undang-
Undang No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Undang-undang tersebut
merupakan undang-undang yang mengatur guru dan dosen sehingga dapat
menghasilkan guru dan dosen profesional. Namun, pada penelitian ini lebih
memfokuskan pada kebijakan yang mengatur guru. Tujuan penelitian ini adalah
(1) Mengetahui profesionalisme guru dalam perspektif H.A.R Tilaar (2)
Mengetahui analisis profesionalisme guru dalam UU No. 14 tahun 2005. (3)
Mengetahui konsep profesionalisme guru dalam perspektif H.A.R Tilaar terhadap
UU No. 14 tahun 2005.
Penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif yang
berdasarkan objek kajiannya, termasuk penelitian kepustakaan (library research).
Pendekatan penelitiannya menggunakan pendekatan filosofis. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini, peneliti menggunakan teknik wawancara
dan dokumen. Adapun teknik analisa datanya peneliti menggunakan teknik
analisa data content analisys.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah : profesionalisme
guru menurut HAR. Tilaar dapat dilihat dari beberapa hal, yaitu definisi mengenai
profesional, guru era modern, pendidikan dan pembinaan guru, tugas guru
profesional, sifat-sifat yang harus dimiliki guru profesional, organisasi profesi
guru, dan peningkatan profesionalisme guru. Sedangkan profesionalisme guru
menurut UU No. 14 tahun 2005 dapat dilihat dari beberapa hal, yaitu definisi
mengenai profesional, kualifikasi, kompetensi dan sertifikasi, hak dan kewajiban
guru, pembinaan dan pengembangan, organisasi profesi dan kode etik,
kesejahteraan guru. Kemudian, relavansi kedua pendapat yang disampaikan oleh
HAR. Tilaar dan kebijakan pemerintah dapat dilihat dari 4 dimensi, yaitu dimensi
profesional, dimensi tugas guru, dimensi pembinaan, dan dimensi organisasi.
Kata kunci : profesionalisme, guru dan relevansinya.NIM. 11470009 ADITYA NUR PRATAMA