Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:39:40ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-03-21T07:24:21Z2017-08-02T02:24:34Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11211This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/112112014-03-21T07:24:21ZKONSEP PEMBAHARUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
(ANALISIS PARADIGMA PENGEMBANGAN KURIKULUM, GURU, DAN MODEL
PENDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENURUT
PROF. DR. H. MUHAIMIN, MA)
AFDHOL ABDUL HANAF. Konsep Pembaharuan Pendidikan Agama
Islam (Analisis Paradigma Pengembangan Kurikulum, Guru, dan Model
Pendekatan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam menurut Prof. Dr. H.
Muhaimin, MA). Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang masalah
penelitian ini adalah bahwa diadakannya pendidikan agama Islam di sekolah
adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah serta
berakhlak mulia. Dalam kenyataannya pendidikan agama Islam belum mampu
menanamkan nilai-nilai ajaran Islam kepada peserta didik yang menimbulkan
adanya dekadensi moral di kalangan pelajar. Melalui pemikiran Muhaimin
diharapkan mampu membawa pelaksanaan pendidikan agama Islam ke arah yang
lebih baik, yaitu dengan mengembangkan kurikulum, guru, dan model pendekatan
dalam pembelajaran PAI di sekolah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah
bagaimana paradigma pengembangan kurikulum, guru, dan model dalam
pembelajaran PAI dalam mengatasi problem-problem yang terjadi di masyarakat
saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang
paradigma pengembangan kurikulum, guru dan model pendekatan PAI menurut
Muhaimin.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menekankan pada
kajian kepustakaan. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan
wawancara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif-analisis. Dalam menganalisis, penelitian ini menggunakan content
analisis, yaitu dengan memaknai dari keseluruhan pemikiran Muhaimin terkait
dengan pengembangan kurikulum, guru, dan model pendekatan dalam
pembelajaran PAI di sekolah.
Hasil analisa menunjukkan bahwa: pertama, pembaharuan pendidikan
agama Islam melalui paradigma pengembangan kurikulum PAI menurut
Muhaimin adalah dengan mengembangkan kurikulum itu sendiri. Ide-ide
pengembangannya diawali dari problem-problem yang terjadi di lingkungan
sekitar peserta didik yang kemudian dimasukkan ke dalam materi PAI. Nilai-nilai
yang terkandung dalam materi dimasukkan ke dalam indikator-indikator dalam
RPP. Kedua, Pengembangan kualitas guru PAI dapat dilakukan dengan
meningkatkan kompetensi personal-religius, sosial-religius, pedagogik-religius,
dan profesional-religius. Kata religius harus melekat pada setiap kompetensi agar
guru PAI memiliki komitmen yang kuat dalam menjalankan tugasnya dengan
dilandasi nilai-nilai ajaran Islam. Menguliahkan guru PAI ke jenjang yang lebih
tinggi disertai dengan memaksimalkan berbagai wadah yang telah ada merupakan
langkah yang tepat dalam mengembangkan kualitasnya. Ketiga, pengembangan
model pendekatan dalam pembelajaran PAI harus mempertimbangkan
karakteristik materi pelajaran yang hendak disampaikan dan mempertimbangkan
perkembangan usia peserta didik. Adapun dalam pengembangannya tidak hanya
bertumpu pada model pendekatan pembelajaran yang telah ada.
NIM. 10410051 AFDHOL ABDUL HANAF