Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T08:47:02ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-01-24T07:04:58Z2014-01-24T07:04:58Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9860This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/98602014-01-24T07:04:58ZPENERAPAN METODE MIND MAP SEBAGAI UPAYA
MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM
PEMBELAJARAN FIQIH KELAS VIII A MTsN NGEMPLAK SLEMAN Penerapan Metode Mind Map Sebagai Upaya
Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fiqih Kelas
VIII A MTsN Ngemplak, Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan
Kalijaga Yogyakarta, 2012
Latar belakang penelitian ini adalah adanya ketertarikan terhadap mind
map temuan Tony Buzan yang merupakan alat berfikir dan teknik pencatatan
yang efektif yang sesuai dengan sistem kerja otak, dilihat dari metode dalam
pembelajaran PAI khususnya pelajaran Fiqih dalam usaha mengoptimalkan
penggunaan potensi-potensi yang dimiliki peserta didik. Selain itu, adanya
permasalahan dalam pemilihan penggunaan metode yang biasa dipakai dalam
penyampaian materi PAI sehingga ditawarkan mind map sebagai metode yang
bisa mengatasi masalah tersebut.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat
kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Mind Map
pada pembelajaran Fiqih sebagai upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar
siswa di kelas VIII A MTsN Ngemplak. Dalam penelitian ini menggunakan data
statistik sederhana yang berupa angka yang diperoleh dari hasil observasi motivasi
siswa pada saat pembelajaran untuk membantu dalam mengungkap data.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi motivasi
siswa dan soal pre test dan post test untuk data hasil belajar siswa. Analisis data
untuk motivasi belajar siswa menggunakan analisis deskritif kualitatif. Sedangkan
untuk data hasil belajar diperoleh dari effect size, yaitu selisih antara rerata post
test siklus I dengan rerata post test siklus II.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan motivasi siswa terlihat
pada perhatian siswa, berani menjawab pertanyaan yang ditanyakan guru, menulis
dan mencatat materi pelajaran, aktif dalam pembelajaran, senang mengerjakan
tugas dari guru, kedisiplinan siswa, memberi respon terhadap pembelajaran,
berani menyampaikan pertanyaan atau pendapat kepada guru. Motivasi siswa
dilihat dari hasil observasi awal rata-rata 1,6 yang masuk dalam kategori rendah,
sedangkan pada siklus I motivasi siswa mengalami kenaikan rata-rata menjadi 1,8
yang masuk dalam kategori sedang. Pada siklus II motivasi siswa mengalami
kenaikan rata-rata menjadi 2,7 yang masuk dalam kategori tinggi. Peningkatan
motivasi siswa mengalami kenaikan secara bertahap dari kategori rendah, sedang
dan akhirnya menjadi tinggi. Metode tersebut juga efektif untuk meningkatkan
hasil belajar siswa dalam pembelajaran Fiqih hal tersebut terbukti dari adanya
peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa pada
siklus I nilai rata-rata pre test sebesar 67,5 dan post test sebesar 71,68 dan siklus II
nilai rata-rata pre test sebesar 75,93 dan post test sebesar 79,90. Sehingga
peningkatan hasil belajar siswa dapat dikategorikan baik karena mengalami
peningkatan yang cukup signifikan. Dengan demikian pada aspek motivasi dan
hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. NIM. 07410036 AFIFAH TUN NISWAH