Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:41:29ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2015-10-15T01:14:57Z2015-10-15T01:14:57Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17660This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/176602015-10-15T01:14:57ZPENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP
(Studi Kasus di SMA Negeri Banyumas Kabupaten BanyumasAfik Ahsanti (NIM: 1320411038) Pendidikan Agama Islam
Berwawasan Lingkungan Hidup (Studi Kasus di SMA Negeri Banyumas
Kabupaten Banyumas). Konsentrasi Pendidikan Agama Islam, Program Studi
Pendidikan Islam, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
SMA Negeri Banyumas adalah salah satu sekolah yang melaksanakan
kegiatan pembelajarannya yang berorientasi pada pendidikan lingkungan hidup.
Penelitian ini berusaha mengungkap arti penting program PAI berwawasan
lingkungan hidup, konsep PAI berwawasan lingkungan hidup, pelaksanaan PAI
berwawasan lingkungan hidup yang terjabar melalui tiga kegiatan yaitu
intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, faktor pendukung dan penghambat
serta solusinya dalam mengatasi hambatan tersebut.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang
berbentuk studi kasus (case study). Data diperoleh melalui observasi, wawancara
dan dokumentasi dan triangulasi. Analisis dilakukan dengan cara menelaah
seluruh data, mereduksi data, menyusun data dalam satu kesatuan (display data),
dan conclusion drawing/verification.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program wawasan lingkungan
hidup dalam PAI adalah untuk mewujudkan peserta didik yang cinta lingkungan
karena manusia diciptakan sebagai khalifah yang bertugas untuk mengemban
amanah dari Allah. Konsep PAI berwawasan lingkungan hidup terjabar melalui
dua konsep. Konsep yang pertama melalui tiga pendekatan yaitu pendekatan
manipulasi, habituasi dan keteladanan. Pendekatan manipulasi dilakukan oleh
pihak sekolah dalam rangka menciptakan iklim yang kondusif berupa
pembangunan fisik lingkungan sekolah. Pendekatan habituasi merupakan
pendekatan yang lebih menekankan pada pembentukan pribadi yang berperilaku
cinta lingkungan dengan membiasakan hal-hal yang baik terhadap lingkungan.
Pendekatan keteladanan merupakan metode efektif yang dilakukan sekolah untuk
dijadikan sebagai contoh bagi seluruh peserta didik. Konsep kedua yaitu melalui
struktur kurikulum melalui pengintegrasian Pendidikan Lingkungan Hidup dalam
seluruh mata pelajaran. Pelaksanaan PAI berwawasan lingkungan hidup dilakukan
melalui tiga kegiatan yaitu pertama, kegiatan intrakurikuler yang dilakukan
melalui kegiatan pembelajaran di kelas yang mengarahkan pembelajarannya ke
pendidikan lingkungan hidup dengan berbagai variasi pendekatan, metode dan
strategi pembelajaran yang menekankan aspek Al-Quran Hadits. Kedua, kegiatan
kokurikuler dilaksanakan di luar jam pembelajaran di kelas. Kegiatan ini
dilakukan melalui beberapa kegiatan yaitu tugas tentang pembuatan artikel
pelestarian alam dalam pandangan Islam, taddabur alam dan peringatan hari
lingkungan hidup, Ketiga, kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung PAI
berwawasan lingkungan hidup yaitu ROHIS, green team, PMR dan Pecinta Alam.
Faktor pendukung dari pelaksanaan PAI berwawasan lingkungan hidup
yaitu warga sekolah mempunyai sikap bahwa pendidikan lingkungan hidup
penting, warga sekolah menyadari bahwa manusia adalah bagian dari lingkungan,
dorongan untuk menyelamatkan lingkungan, adanya program adiwiyata, dan
komunitas adiwiyata school. Faktor penghambat antara lain tingkat kesungguhan
dalam memelihara lingkungan berbeda, belum banyak agent ramah lingkungan,
tidak semua warga sekolah baik terhadap lingkungannya. Solusi untuk faktor
penghambat antara lain penanaman kesadaran lingkungan melalui bencana alam,
pengelolaan lingkungan sosial dalam bentuk pembiasaan perilaku-perilaku nyata
yang positif diantaranya kedisiplinan, ajakan hemat energi, kerja sama,
kepedulian, kejujuran dan menghargai kearifan lokal, mengupayakan program
bank pohon dan melestarikan lingkungan hidup melalui pendidikan tauhid, akhlak
dan akal.NIM: 1320411038 AFIK AHSANTI