Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:32:16ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2019-01-10T04:32:48Z2019-01-10T04:35:41Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32340This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/323402019-01-10T04:32:48ZHUBUNGAN ANTARA PENCAPAIAN STANDAR PROSES PEMBELAJARAN PAI DENGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DI SMP ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTALatar belakang penelitian ini adalah terdapat masalah terkait dengan
kecerdasan interpersonal siswa di SMP Ali Maksum yakni kurangnya peduli
antarsiswa. Seperti halnya ada beberapa siswa yang kurang antusias untuk bekerja
sama dalam kegiatan diskusi saat kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan
untuk: 1) mengetahui pencapaian standar proses pembelajaran PAI di SMP Ali
Maksum Krapayak Yogyakarta, 2) mengetahui kecerdasan interpersonal siswa di
SMP Ali Maksum Krapayak Yogyakarta, 3) mengetahui hubungan antara
pencapaian standar proses pembelajaran PAI dengan kecerdasan interpersonal
siswa di SMP Ali Maksum Krapayak Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di
SMP Ali Maksum Krapayak Yogyakarta dengan populasi berjumlah 211 siswa.
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling dan menentukan
jumlah sampel dengan menggunakan rumus metode Slovin diperoleh jumlah
sampel sebanyak 138 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan metode angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis
instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas sedangkan untuk analisis data
meliputi analisis statistik deskriptif dan analisis korelasi Product Moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pencapaian standar proses
pembelajaran PAI tergolong kategori sedang dengan presentase 19,56% dan
berada pada interval 74-76. 2) Kecerdasan Interpersonal siswa tergolong kategori
rendah dengan presentase 23,18% dan berada pada interval 39 - 41. 3) Terdapat
hubungan yang positif dan signifikan antara pencapaian standar proses
pembelajaran PAI dengan kecerdasan interpersonal siswa ditandai oleh koefisien
korelasi rxy = 0.178 dengan p = 0,036 (p 0,05).NIM. 14410113 AFRIDA ZULIA FATIMAH