Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:41:43ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2017-01-09T01:19:25Z2017-01-09T01:19:25Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23395This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/233952017-01-09T01:19:25ZPELAKSANAAN PENDIDIKAN AKIDAH AKHLAK PADA ANAK
DENGAN MODEL HOMESCHOOLING
( STUDI KASUS PADA KELUARGA KOMUNITAS JOGJA ISLAMIC HOME EDUCATION )Latar belakang penelitian ini adalah adanya gejala-gejala
pudarnya karakter mulia yang seharusnya ada pada generasi yang terdidik di
Indonesia. Pendidikan disadari hanya dalam lingkup sekolah sehingga peran
keluarga pun kian luntur. Padahal dalam sudut pandang islam keluarga adalah
tempat belajar pertama bagi anak. Pendidikan anak dalam keluarga dengan model
homeschooling menjadi alternatif pendidikan anak demi terbentuknya generasi
yang cerdas dan berakhlak mulia. Hal ini disadari oleh sebuah komunitas
homeschooling di Yogyakarta yang menamai diri sebagai Jogja Islamic Home
Education. Keluarga di komunitas Jogja Islamic Home Education berupaya
menanamkan nilai-nilai pendidikan berupa tauhid, syukur, dan adab, sehingga
menjadikan pendidikan akidah dan akhlak sebagai pendidikan yang inti untuk
ditanamkan dan diupayakan dapat menyatu dalam keseharian anak yang
didampingi orang tua di rumah.
Penelitian ini merupakan jenis penelititan kualitatif dengan subjek penelitian
beberapa keluarga anggota komunitas Jogja Islamic Home Education.
Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Analisis
data yang dilakukan dengan penalaran induktif yang berarti dari fakta- fakta
khusus, peristiwa-peristiwa yang konkrit dan khusus kemudian ditarik generalisasi
yang mempunyai sifat umum. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan
menggunakan teknik triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa) 1) konsep pendidikan akidah
akhlak dengan model homeschooling pada keluarga komunitas Jogja Islamic
Home Education adalah pendidikan dengan upaya internalisasi nilai tauhid, adab,
dan syukur melalui proses pendidikan sepanjang waktu dengan teladan dan
bimbingan. 2) Pelaksanaan pendidikan akidah akhlak dengan model
homeschooling bertujuan untuk terbentuknya pribadi anak yang aḥsanu ‘amalā,
yakni pribadi dengan membiasakan beramal terbaik, dengan iman yang kuat dan
akhlak islami. Metode pendidikan akidah akhlak yang diterapkan ialah dengan
metode diskusi, metode pemahaman, metode penugasan, metode membaca,
metode karya wisata, metode lingkaran dengan bentuk ta’lim keluarga, disertai
dengan kegiatan tahsin dan tahfidz al-Qur‟an dan family gathering. Evaluasi
dilaksanakan secara non tes melalui review materi dan penilaian sikap. 3) Hasil
pendidikan akidah akhlak dengan model homeschooling secara umum sudah
sesuai dengan target yang diharapkan orang tua karena sudah terbentuk
pemahaman dan kebiasaan yang mencerminkan kebaikan tauhid dan adab anakNIM. 11410044 AGIL PURNAMA FITRI