Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T11:20:23ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-03-12T02:43:00Z2017-04-06T08:59:10Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10111This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/101112014-03-12T02:43:00ZEFEKTIFITAS ECLECTIC METHOD
DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
SISWA KELAS XI MAN WONOKROMO BANTUL
TAHUN AJARAN 2011/2012Agung Ariwibowo, 08420129, Efektifitas Eclectic Method Dalam
Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas XI MAN Wonokromo Bantul Tahun
Ajaran 2011/2012. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah
dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa
Arab di MAN Wonokromo Bantul. Disamping itu, penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis sejauhmana keefektifan penggunaan metode campuran dalam
pembelajaran bahasa Arab siswa kelas XI MAN Wonokromo Bantul. Penelitian
ini merupakan penelitian kualitatif.
Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan). Subyek
penelitian ini adalah siswa, guru, kepala sekolah, dan TU (Tata Usaha). Metode
pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi),
wawancara, angket dan dokumentasi. Selanjutnya untuk teknis analisis data
dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan,
dan dari makna itulah ditarik kesimpulan dengan menggunakan analisa deskriptifkualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di
MAN Wonokromo Bantul secara umum memiliki tujuan agar peserta didik
memiliki kemampuan dalam membaca, menyimak, menulis, dan berbicara,
menggunakan bahasa Arab sehingga ia dapat memahami teks-teks Arab serta
sumber-sumber ajaran Islam yang menggunakan bahasa Arab. Dan penggunaan
metode campuran dalam pembelajaran bahasa Arab kelas XI MAN Wonokromo
Bantul dapat disimpulkan efektif . efektifitas tersebut terlihat ketika tujuan waktu
pembelajaran tercapai, materi dapat disampaikan dengan tepat, ketersediaan
media dan waktu pembelajaran yang memadai, serta adanya kondusifitas
pembelajaran di kelas. Metode campuran juga memiliki tingkat efektifitas yang
signifikan untuk mencapai tujuan kemampuan membaca, menulis, menyimak,
berbicara dan memahami teks-teks atau literatur yang berbahasa Arab.NIM. 08420129 AGUNG ARIWIBOWO