Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:56:26ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2013-08-21T02:54:39Z2017-01-24T08:46:20Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9131This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/91312013-08-21T02:54:39ZUPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA
MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V
MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KARANGMOJO GUNUNGKIDUL
TAHUN AJARAN 2013/2013
Dalam pembelajaran IPA, siswa harus dilibatkan secara aktif dalam
pembelajaran untuk membuktikan kebenaran-kebenaran teori IPA yang telah dipelajari.
Jika hal tersebut tidak tercakup dapat berpengaruh pada motivasi belajar siswa. Tidak
hanya pembelajaran yang menekankan aspek kognitif saja dengan hafalan-hafalan yang
menjenuhkan siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu
dengan menggunakan metode pembelajaran yang menuntut siswa aktif, berani
mencoba, mengemukakan pendapat dan bereksperimen, salah satunya adalah metode
pembelajaran demontrasi.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana
pembelajaran IPA sebelum menggunakan metode demonstrasi di kelas V MIN
Karangmojo Gunungkidul?. (2) Bagaimana penerapan metode demonstrasi pada mata
pelajaran IPA di kelas V MIN Karangmojo Gunungkidul. (3) Apakah dengan metode
demonstrasi dapat meningkatkan motivasi belajar IPA pada siswa kelas V MIN
Karangmojo Gunungkidul?.
Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan
model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua
kali pertemuan setiap siklusnya, yang masing masing siklus terdiri dari tahap
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas V MIN Karangmojo Gunungkidul sebanyak 16 siswa. Setting penelitian
adalah proses pembelajaran IPA kelas V. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan
data yaitu observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Data dikumpulkan dengan
menggunakan instrument berupa lembar observasi dan tes. Dalam menganalisis data
hasil penelitian yaitu dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif
teknikpersentase. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah : (1) Adanya
ketekunan menghadapi tugas dari guru. (2) Menunjukkan rasa senang dan semangat
terhadap pembelajaran IPA (3) Adanya dorongan untuk bersaing dengan teman. (4)
Adanya keinginan mendapatkan penghargaan dari guru.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa sebelum diadakan penelitian motivasi
siswa 1,5 dalam kategori rendah. Pada siklus I motivasi siswa meningkat dengan
diperoleh ketercapaian indikator 1,99 dengan kategori sedang. Sedangkan Siklus II
motivasi siswa meningkat menjadi 2,36 dengan kategori tinggi.
Kata kunci: Motivasi belajar, IPA, Demonstrasi
NIM. 09481042 AGUS WAHYU NURHIDAYAT