Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:38:57ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2018-02-15T03:28:41Z2018-02-15T03:28:41Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29473This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/294732018-02-15T03:28:41ZPENGEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI LEMBAGA PENDIDIKAN BERBASIS ENTREPRENEURSHIP TK KHALIFAH SUKONANDI YOGYAKARTALatar belakang masalah penelitian ini adalah pengintegralan nilai-nilai
kewirausahaan dalam suatu kurikulum pendidikan dapat mengembangkan
kemandirian anak didik, seperti halnya yang ditunjukan TK Khalifah Sukonandi
Yogyakarta. Sebagai lembaga PAUD yang menerapkan pendidikan berbasis
entrepreneursip TK Khalifah Sukonandi telah menunjukan indikator ketercapaian
pengintegralan nilai kewirausahaan kemandirian di jenjang PAUD/TK
berdasarkan rancangan Pendidikan Entrepreneurship Kemandirian Pendidikan
Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. Oleh karena itu,
peneliti tertarik untuk meneliti tentang bagaimana pengembangan kemandirian
anak usia dini di lembaga pendidikan berbasis entrepreneursip TK Khalifah
Sukonandi Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan secara
umum bentuk kegiatan dalam pengembangan kemandirian anak usia dini, metode
pembelajaran dalam pengembangan kemandirian anak usia dini, serta faktor
pendukung dan penghambat dalam pengembangan kemandirian anak usia dini.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data
dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data
dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, memberikan makna terhadap data
yang berhasil dikumpulkan, dari makna itulah kemudian ditarik kesimpulan.
Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling.
Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, anak didik,
serta orangtua anak didik.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Bentuk kegiatan pengembangan
kemandirian anak meliputi; shalat berjamaah, toilet training, makan, bermain
peran, parent day, cooking class, outing, market day, dan pesantren Khalifah. (2)
Metode pembelajaran dalam pengembangan kemandirian anak meliputi; bermain,
bernyanyi, bercerita, karyawisata, demonstrasi, dialog, pemberian tugas,
modelling, listening, kunjungan, cooking, reward, dan pembiasaan. (3) Faktor
pendukung dalam pengembangan kemandirian anak meliputi faktor internal
yakni; kondisi fisiologis dan psikologis anak, serta faktor eksternal yakni;
lingkungan sekolah dan kerjasama yang baik antara pihak sekolah dengan
orangtua. Adapun faktor penghambatnya, dari lingkungan sekolah sendiri tidak
ditemukan, melaikan dari orangtua yakni beberapa orangtua melakukan hal-hal
yang seharusnya tidak lagi dilakukan pada anak dalam upaya pengembangan
kemandiriannya.NIM. 13430036 AGUS YUNI SYARA