Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:44:32ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2017-04-10T00:45:24Z2017-04-10T00:45:24Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24982This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/249822017-04-10T00:45:24ZIMPLEMENTASI BRANDING STRATEGY DI MAN MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi branding
strategy di MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. Branding merupakan
kumpulan kegiatan yang dilakukan oleh lembaga pendidikan dalam proses
membangun dan membesarkan brand. Intensitas persaingan yang tinggi
mengharuskan setiap lembaga pendidikan memiliki brand yang kuat agar mampu
bersaing dan terus diakui keberadaanya. Bagi lembaga pendidikan, brand
merupakan aset penting sekaligus pembeda dengan lembaga lain. Melalui
branding strategy dapat membantu konsumen/stakeholder dalam penyusunan
informasi terhadap nilai yang ada didalamnya. Nilai inilah yang akan menjadikan
pertimbangan untuk memilih produk/lembaga tertentu.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Proses
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data baik
berupa tabel maupun gambar, serta penarikan kesimpulan berdasarkan fakta-fakta
yang ditemukan untuk menjawab fokus permasalahan penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konsep dasar branding di MAN
Maguwoharjo menggunakan konsep image dan functional brand. Tingkat
kesadaran merek (brand awareness) di MAN Maguwoharjo berada pada tingkatan
top of mind atau puncak fikiran. Hal tersebut dikarenakan MAN Maguwoharjo
mempunyai aspek nilai yang tidak terdapat pada lembaga lain yaitu
penyelenggaraan madrasah inklusi yang sudah diakui dan berprestasi. MAN
Maguwoharjo dalam prespektif kualitas (perceived quality) sebagai penyelenggara
sekaligus pelopor madrasah inklusi sudah terbukti kualitasnya dengan prestasi dan
penghargaan yang diraih oleh madrasah. Adapun asosiasi merek (brand
association) MAN Maguwoharjo diantaranya dalam bidang ekstrakulikuler
berupa kegiatan unggulan dan bidang kerjasama berupa hubungan dengan
lembaga lain. Loyalitas merek (brand loyalty) terhadap MAN Maguwoharjo
diantaranya program penerimaan peserta didik baru yang semakin meningkat dan
komitmen lulusan dari MTs YAKETUNIS untuk melanjutkan pendidikan di
MAN Maguwoharjo. Adapun faktor penghambat implementasi branding strategy
di MAN Maguwoharjo diantaranya, sumber daya manusia yang terbatas dari segi
pemenuhan kebutuhan belajar siswa difabel dan keuangan/pembiayaan yang
kurang maksimal. Sedangkan faktor pendukungnya adalah sarana prasarana yang
cukup memadai, kualitas lembaga yang telah terakreditasi sangat baik, dan faktor
pembiayaan untuk siswa berkebutuhan khusus.NIM. 12490006 AHMAD AFRIZAL RIZQI