Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:50:28ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2018-01-04T07:19:15Z2018-01-04T07:19:15Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28873This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/288732018-01-04T07:19:15ZPENGARUH INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X DIMAN SABDODADI BANTUL
YOGYAKARTA TAHUN AJARARAN 2016/2017Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh interaksi
edukatif terhadap prestasi belajar bahasa Arab dalam proses pembelajaran,
bagaimana prestasi belajar bahasa Arab siswa dan adakah korelasi antara interaksi
edukatif dengan prestasi belajar bahasa Arab siswa di MAN Sabdodadi Bantul.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
lapangan yang bersifat korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan metode,
angket, obsevasi, interview, dan dokumentasi. Analis data yang digunakan adalah
analisi data product moment.
Hasil penelitian dariskripsiiniadalah. Pertama, Dari data interaksi edukatif
dapat diketahuibahwa skor tertinggi yaitu67 dan skor terendahnya 49.
Berdasarkan data tersebut diperoleh pula rata-rata (M) sebesar 61,28, median
(Me) sebesar 61,5, dan modus (Mo) sebesar 59.Kedua,Berdasarkan analisis yang
diperoleh darinilai rxy = 0,510, kemudian rxy dikonsultasikan dengan r tabel
product moment yaitu dengan df: 62 makadiperoleh nilai r tabel dengan taraf
signifikansi 5% dan pada taraf signifikansi 1%, makaterdapat korelasi yang
positifinteraksiedukatif yang masukdalamkategori sedang . Sehingga interaksi
edukatif mempengaruhi prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas X MAN
Sabdodadi Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017.NIM. 12420012 AHMAD ARDANA