Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:42:37ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-03-11T07:06:25Z2016-03-11T07:06:25Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19774This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/197742016-03-11T07:06:25ZPERSEPSI SANTRI MENGENAI ETIKA MURID TERHADAP GURU
DALAM KITAB TA’LIM MUTA’ALIM DAN AKTUALISASINYA
DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE
YOGYAKARTAAhmad Barokah. Persepsi Santri Mengenai Etika Murid Terhadap Guru
dalam Kitab Ta’lim Muta’alim dan Aktualisasinya di Madrasah Diniyah Nurul
Ummah Kotagede Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama
Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015.
Penelitian ini mempunyai latar belakang bahwa akhlak berperan penting
dalam menjalin hubungan atau interaksi sesama manusia dalam kehidupan
bermasyarakat. Akhlak merupakan cerminan bagi manusia itu sendiri, sehingga
akhlak sangat berperan penting. Dunia pendidikan mempunyai peran dalam
masalah akhlak. Salah satu cerminan akhlak manusia di dunia pendidikan dapat
diketahui, salah satunya dari interaksi antara guru dan murid. Hubungan guru dan
murid merupakan hubungan ilmu pengetahuan yang setelah diberikan akan
bersatu bersama si murid dan kedudukan guru sebagai pelaksana tugas orang tua.
Hubungan tersebut ternyata terdapat di dalam sebuah kitab klasik yaitu kitab
Ta’lim Muta’alim yang masih dipelajari di Madrasah Diniyah Nurul Ummah
Kotagede sampai sekarang. Hubungan guru dan murid yang terdapat di dalam
kitab Ta’lim Muta’alim memiliki pembahasan khusus yaitu etika murid terhadap
guru. Sehingga penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi santri mengenai etika
murid terhadap guru dan bagaimana aktualisasinya.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian
adalah warga Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagede yang meliputi
Guru/ustadz pengampu, guru mata pelajaran lain, dan santri kelas 2 Awaliyah
Madrasah Diniyah Nurul Ummah. Pengumpulan data dilakukan menggunakan
metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pendekatan Naturalistik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Persepsi siswa mengenai
etika murid terhadap guru berbeda-beda. Persepsi siwa dapat digolongkan
menjadi tiga yaitu setuju, tidak seutuju, dan setuju bersyarat. Siswa yang
memberikan persepsi setuju lebih banyak dibandingkan dengan persepsi setuju
bersyarat dan tidak setuju. Sementara siswa yang memberikan persepsi setuju
bersyarat lebih banyak dibandingkan dengan persepsi yang tidak setuju. Sehingga
pembelajaran kitab Ta’lim Muta’alim dianggap masih relevan untuk dipelajari.
Kedua, Mengenai aktualisasinya, dapat digolongkan menjadi tiga yaitu adoptif ,
adaptif , dan menyimpang. Diketahui bahwa paling banyak siswa
mengakutalisasikannya sesuai dengan teks di dalam kitab (adoptif). Dibandingkan
dengan adaptif dan selanjutnya golongan yang menyimpang/tidak sesuai.NIM. 11411007 AHMAD BAROKAH