Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:13:56ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2017-07-05T02:53:02Z2017-07-05T02:53:02Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25838This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/258382017-07-05T02:53:02ZPENGARUH PRE TES DAN POS TES TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X
SEMESTER II SMA PIRI 1YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2005/2006Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan pre tes dan pos tes dalam pembelajaran
kimia terhadap prestasi belajar Materi Pokok Reaksi Oksidasi Reduksi dan Larutan Elektrolit dan
Non-Elektrolit.
Penelitian ini dilakukan di SMA PIRI 1 Yogyakarta dengan sampel sebanyak 60 siswa. Terdiri
dari kelas Xo sebanyak 31 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas XE sebanyak 29 siswa sebagai
kelompok kontrol. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dalam bentuk
soal pilihan ganda dan soal uraian. Validitas instrumen telah diuji dengan biserial point untuk
soal pilihan ganda dan korelasi produk moment (rxy) untuk soal uraian. Sedangkan untuk mengetahui
reliabilitas digunakan rumus KR-20. Uji prasyarat analisis menggunakan rumus Chi-kuadrat
untuk uji normalitas dan rumus uji-F untuk uji homogenitas. Pengujian hipotesis melalui
uji-t dengan taraf signifikansi 5 % dcngan db - (n 1 + n2 2).
Uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar
kimia siswa dari kelas yang proses pembelajarannya menggunakan pre tes dan pos tes dengan siswa
dari kelas yang proses pembelajarannya tidak menggunakan pre tes dan pos tes. Diketahui pula
rata-rata prestasi belajar kimia siswa dari kelas yang pembelajarannya menggunakan pre
tes dan pos tes lebih baik dibandingkan rata-rata prestasi belajar kimia siswa dari kelas
yang proses pembelajarannya tidak menggunakan pre tes dan pos tes. Hal tersebut ditunjukkan
dengan harga thitung sebesar 2,832 lebih besar dari pada t1abel = 2,0017 dengan taraf
signifikansi 5 %. Berdasarkan kriteria pengujian yang ditetapkan, maka dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran kimia untuk Materi Pokok Reaksi Oksidasi Reduksi dan Larutan Elektrolit dan
Non-Elektrolit yang menggunakan pre tes dan pos tes memberikan pengaruh positif terhadap
peningkatan prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA PIRI 1 Yogyakarta.
Kata Kunci :pre tes, pos tes, prestasi belajar kimiaNIM. 01440928 AHMAD BASORI