Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T19:40:05ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2017-10-30T00:55:07Z2017-10-30T00:55:07Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27899This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/278992017-10-30T00:55:07ZPEMBIASAAN AKHLAK DISIPLIN
DI SEKOLAH BERBASIS ALAM
(Studi Kasus Di SMP Sanggar Anak Alam
Nitiprayan Kasihan Bantul Yogyakarta)AHMAD DWI NUR KHALIM. Pendidikan Kedisiplinan Di Sekolah
Berbasis Alam (Studi Kasus Di SMP Sanggar Anak Alam Nitiprayan Kasihan
Bantul Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017.
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa kedisiplinan merupakan hal
sangat penting untuk dibiasakan oleh semua orang terutama kaum remaja, agar
generasibangsa Indonesia tidak hanyut dengan sikap hidup easy going, agar pada
saatnya nanti terbentukSDM yang berkualitas. Untuk itu sekolah sebagai salah
satu tempat proses pendidikan akan sangat berkesan jika di dalamnya tidak hanya
transfer knowledge saja tetapi juga dibarengi transfer nilai-nilai positif salah
satunya adalah kedisiplinan. Dan sebaliknya nilai kedisiplinan akan jauh lebih
efektif jika selalu diintegrasikan dan dibiasakan di dalam proses pendidikan.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif
dan mengambil latar SMP Sanggar Anak Alam Nitiprayan Kasihan Bantul
Yogyakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara
mendalam, observasi, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan metode
penelitian deskriptif yang dilakukan dengan memberikan makna terhadap data
yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan.
Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan trianggulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) pelaksanaan pendidikan kedisiplinan di
SMP Sanggar Anak Alam Nitiprayan Kasihan Bantul Yogyakarta sudah cukup
baik. Siswa dan fasilitator telah menjalankan kesepakatan yang dibuat bersamasama
(2) Hasil dari pendidikan kedisiplinan di SMP Sanggar Anak Alam
Nitiprayan Kasihan Bantul Yogyakarta menunjukkan bahwa siswa/fasilitator yang
melakukan tindakan tidak bersepakat dalam skala kecil/sedikit, dan sebagian besar
anak mampu mengimplementasikan nilai kedisiplinan dimanapun dan kapanpun.
(3) Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan kedisiplinan adalah: a. Pembuatan
kesepakatan melibatkan penuh anak, b. Kemauan untuk belajar dari anak-anak,
c.Anak merasa tidak terbebani dengan kesepakatan yang mereka buat, d.
Kesadaran diri, e. Sistem dan program kegiatan di SALAM, f. Jumlah komposisi
antara anak dan fasilitator yang pas. Sedangkan faktor yang menghambat
meliputi: a.Pengaruh orang luar, b.Usia remaja SMP yang masih labil, c.Adanya
masalah kejenuhan, d.Orang tua atau keluarga anak yang belum sepenuhnya
memahami sistem sekolah, e. Belum ada konsekuensi yang tegas, f. Kurangnya
media pengingat kesepakatan.
Kata Kunci: Pendidikan Kedisiplinan, Sekolah Berbasis Lingkungan,
Sanggar Anak AlamNIM: 13410115 AHMAD DWI NUR KHALIM