Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:08:22ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-01-24T07:18:04Z2014-01-24T07:18:04Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9864This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/98642014-01-24T07:18:04ZPENERAPAN METODE BERMAIN PERAN
UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN IBADAH SHALAT FARDHU
SISWA KELAS IV SD NEGERI SUKOHARJO KEC.SEDAYU
KABUPATEN BANTUL Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan
Keaktivan Ibadah Shalat Fardhu Siswa Kelas IV SD Negeri Sukoharjo Kecamatan
Sedayu Kabupaten Bantul. Skripsi.Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tariyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Yogyakarta, 2011.
Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran
shalat fardhu pada kelas IV SD Negeri Sukoharjo kec.Sedayu Kabupaten Bantul ini
masih kurang efektif dan penyampaian guru yang masih monoton sehingga siswa
terkesan pasif dan kurang percaya diri ,karena setiap pembelajaran shalat fardhu
secara berjamaah siswa hanyalah mengikuti guru menjadi makmum dan kurang dapat
mengembangkan kemampuannya karena sebatas mengikuti petunjuk /kehendak guru
sehingga pembelajaran shalat fardhu terkesan kurang menarik dan tidak dihayati.
Maka dari itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran
dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktivan siswa.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk
mendeskripsikan penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan keaktivan
shalat fardhu Siswa Kelas IV SD Negeri Sukoiharjo Kec.Sedayu Kab.Bantul setelah
metode tersebut diterapkan.
Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar SD Negeri Sukoharjo
Kec.Sedayu Kab.Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan
pengamatan, wawancara dan observasi, dokumentasi untuk melengkapi data yang
diungkap. Dalam penelitian ini menggunakan data yang sangat sederhana untuk
membantu dalam mengungkap data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data
dilakukan dengan menggunakan tehnik trianggulasi sumber. Adapun urutan kegiatan
penelitian mencakup: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi,(4) Refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bewrmain peran pada
pembelajaran shalat fardhu yang dilkaukan dengan berjamaah pada siswa Kelas IV
SD Negeri Suoharjo sangat efektif dan dapat meningkatkan keaktivan siswa, hal ini
terlihat pada saat pembelajaran siswa mayoritas aktif dan antusias dalam melakukan
shalat fardhu dengan berjanaah sesuai yang diperankan dikelompoknya.Dalam hal ini
terbukti dari data yang dikumpulkan hasil observasi keaktivan pra tindakan 37,50%
pada siklus I meningkat 54,98% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi
70,96%. Dengan demikian aspek keaktivan siswa pada setiap siklusnya mengalami
peningkatan. NIM. 09411148 AHMAD JAZULI