Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:06:45ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2015-07-28T02:01:12Z2015-07-28T02:01:12Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16431This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/164312015-07-28T02:01:12ZEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DI SMA NEGERI 1 PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTAAHMAD MA’ARIF. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based
Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1
Piyungan Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama
Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,
2015. Latar belakang masalah penelitian ini adalah banyak institusi pendidikan
yang menyadari perlunya pendekatan dalam proses pembelajaran yang berpusat
pada siswa (learner centered) karena model teacher centered membuat siswa
kurang aktif. Kenyataan pada umumnya, hingga saat ini proses belajar mengajar
mata pelajaran terfokus pada guru dan kurang terfokus pada siswa. Hal ini
terbukti dengan terindikasi sistem pembelajaran yang masih kaku, tidak membawa
siswa kepada kehidupan nyata baik dalam pemahaman konsep maupun
pengalaman, sementara guru dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif dalam
proses pembelajaran. Salah satu model pembelajan yang memungkinkan
dikembangkannya ketrampilan berpikir siswa (penalaran, komunikasi, dan
koneksi) adalah problem based learning (PBL). SMA Negeri 1 Piyungan adalah
salah satu sekolah yang memiliki perhatian terhadap peningkatan mutu
pembelajaran, dan telah melaksanakan model PBL ini. Namun, yang menjadi
permasalahan bagaimana keefektifan dan proses pelaksanaan pembelajaran model
problem based learning (PBL) pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan
mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis terkait keefektifan dan proses
Pembelajaran PAI.
Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif, dengan
mengambil latar SMA Negeri 1 Piyungan Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data
dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data
dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan diverifikasi kemudian ditarik
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Model pembelajaran PBL yang
diterapkan di SMA Negeri 1 Piyungan khususnya kelas XI IPA-3 dan XI IPS-1
sudah diterapkan dengan baik, sesuai dengan prosedur perencanaan yang tersusun
secara sistematis dan tidak ada halangan yang berarti. Selain itu, pembelajaran
yang dilakukan telah dipermudah dengan adanya fasilitas LCD proyektor, laptop
bagi yang memiliki atau handphone yang bisa digunakan browsing serta bukubuku
referensi dari perpustakaan sebagai media untuk menyelesaikan
permasalahan pada materi pembelajaran. (2) Pembelajaran PBL mata pelajaran
PAI di kelas XI IPA-3 dan XI IPS-1 sudah berjalan efektif, baik dari proses
maupun hasil pembelajarannya. Nilai rata-rata hasil tes formatif telah memenuhi
standarisasi KKM mata pelajaran PAI. Dalam keefektifan prosesnya, yaitu siswa
kelas XI IPA-3 lebih kompetitif dan aktif dalam proses pembelajarannya namun
hasil laporannya kurang sempurna. Jika kelas XI IPS-1 hasil laporannya lebih
lengkap, akan tetapi pelaksanaan pembelajarannya pasif dan kegiatan diskusi
kelompoknya.NIM.11410052 AHMAD MA’ARIF