Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:55:22ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2015-11-17T02:08:22Z2015-11-17T02:08:22Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18305This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/183052015-11-17T02:08:22ZEFEKTIVITAS PEMANFAATAN PROGRAM POWER POINT
DALAM MENINGKA TKAN MOTIV ASI DAN BASIL BELAJAR BIOLOGI
POKOK BAHASAN VIRUS
(Studi Kasus pada Siswa Kelas X MAN Yogyakarta II)Penelitian ini bertujuan untuk ( 1) membuktikan efektif tidaknya
pemanfaatan program Power Point pada mata pelajaran biologi pokok bahasan
virus dalam meningkatkan motivasi belajar , (2) membuktikan apakah
pemanfaatan program Power Point pada mata pelajaran biologi pokok bahasan
virus efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.
Siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Y ogyakarta II terbagi
dalam enam kelas. dan dalam penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas XF
sebagai kelas kontrol dan kelas XE sebagai kelas eksperimen. . Pengambilan dua
kelas tersebut dilakukan dengan teknik nonrandom sampling. Adapun
pengambilan datanya dengan menggunakan metode test dan kuisioner. Butir soal
dan angket yang merupakan instrumen penelitian diuji validitasnya terlebih
dahulu sebelum digunakan untuk mengambil data penelitian. Analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, kuantitatif, dan uji-t.
Analisis uji-t digunakan untuk mengetahui perbedaan dari kedua sampel setelah
diberikan perlakuan yang berbeda. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji
normalitas yang diperoleh hasil bahwa data normal.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa, ( 1) pembelajaran dengan
memanfaatkan program Power Point sebagai media pembelajaran lebih efektif
dari pembelajaran konvensional pada siswa kelas X MAN Yogyakarta II tahun
ajaran 2006/2007 dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, hal ini ditunjukkan
dengan adanya perbedaan motivasi belajar sekitar sekitar 15, 1% antar kelas
kontrol dengan kelas eksperimen., (2) pembelajaran dengan memanfaatkan
program power point sebagai media pembelajaran lebih efektif dari pembelajaran
konvensional pada siswa kelas X MAN Y ogyakarta II tahun ajaran 2006/2007
dalam meningkatkan hasil belajar biologi, hal ini ditunjukkan oleh hasil uji-t gain
skor hasil belajar yang diperoleh t hit;, sebesar 4,936>2,000 dan p = 0,000
(p<O,O5O)NIM 01450663 AHMAD MUTAKIN