Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T11:56:27ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-08-10T04:06:41Z2016-08-10T04:06:41Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21581This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/215812016-08-10T04:06:41ZEFEKTIFITAS PENGGUNAAN KITAB FIQH SIRAH
KARYA DR. MUHAMMAD SA’ID RAMADHAN AL BÚHTY TERHADAP
PEMAHAMAN SANTRI KELAS 1 WUSTHO MADRASAH DINIYAH
NURUL UMMAH KOTAGEDE
YOGYAKARTAAhmad Nur Kholik. Efektifitas Penggunaan Kitab Fiqh Sirah Karya Dr.
Muhmmad Sa’id Ramadhan Al Butty Terhadap Pemahaman Santri Kelas 1
Wustho Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagege Yogykarta.
Skripsi.Yogyakarta:Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan
Keguruan UIN Sunan Kalijaja Yogyakarta, 2016.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mengetahui dan memahami
sejarah kehidupan Nabi dan sejarah Islam. Sebagai umat muslim, pengetahuan
tentang perjalanan hidup Nabi dari lahir, kemudian diangkat menjadi Rasul
sampai penerimaan wahyu dan penyebaran agama Islam wajib diketahui.
Kaitannya dengan ini, banyak buku ataupun kitab yang menceritakan perjalanan
hidup dan penyebaran agama Islam yang beredar di masyarakat, terutama di
lembaga pendidikan formal dan non formal. Salah satu lembaga non formal yang
menggunakan kitab sebagai media untuk mempelajari sejarah adalah Madrasah
Diniyah Nurul Ummah. MDNU memilih kitab Fiqh Sirah Karya Dr. Muhammad
Sa’id Ramadhan Al Buthy karena dianggap berbeda dengan kitab-kitab sejarah
lainya. Sebagai lembaga pendidikan MDNU memiliki metode dan model
pembelajaran terkait dengan penggunaan kitab tersebut. Untuk itu penelitian ini
bertujuan melihat proses pembelajaran dan keefektifan penggunaan kitab Fiqh
Sirah terhadap pemahaman santri.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian
adalah warga Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagede yang meliputi
Guru/ustadz pengampu, guru yang pernah mempelajari kitab Fiqh Sirah, dan
santri kelas 1 Wustho Madrasah Diniyah Nurul Ummah. Pengumpulan data
menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumtasi. Pemeriksaan
keabsahan data meliputi uji validitas dan reliabilitas yaitu dengan memperpanjang
pengamatan, trianggulasi yaitu membandingkan antara hasil wawancara, observasi
dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model siklus interaktif yaitu
melalui alur proses reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses pembelajaran yang dilakukan
menunjukan adanya dialog antara guru dan siswa. Siswa dituntut aktif saat
pembelajaran berlangsung. Guru menggunakan metode penugasan teks bahasa
arab yang pada setiap pertemuan siswa bertugas untuk menerjemah dan
menjelaskan maksud dari teks tersebut. Metode penugasan didukung dengan
metode presentasi, ceramah dan diskusi ini cukup efektif sebab siswa dapat
mengikuti pembelajaran dengan baik. Beberapa siswa berpendapat bahwa metode
ini efektif digunakan dalam mempelajari sejarah. Dengan adanya penjelasan ulang
dari guru siswa lebih mudah memahami maksud dari teks tersebut. Guru sejarah
di MDNU menunjukan keprofesionalitasannya dalam memberikan tambahan isi.
(2) Penggunaan kitab Fiqh Sirah karya Dr. Muhammad Sa’id Ramadhan Al Buuty
dikatakan efektif. Sebagai sumber belajar utama untuk mempelajari sejarah
metode penugasan, presentasi, ceramah dan diskusi yang digunakan guru sudah
tepat. Siswa mampu memahami isi dan dapat mengambil pelajaran dari setiap bab
dengan baikNIM. 11410049 AHMAD NURKHOLIK