Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:53:01ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-01-24T07:22:30Z2014-01-24T07:22:30Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9866This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/98662014-01-24T07:22:30ZPENGARUH METODE PERMAINAN EDUKATIF DALAM
PEMBELAJARAN PAI TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI
PAUD INKLUSI AHSANU AMALA LEMPONGSARI SARIHARJO NGAGLIK
SLEMAN YOGYAKARTA Pengaruh Metode Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran PAI
Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini Di PAUD Inklusi Ahsanu Amala Lempongsari
Sariharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta, Jurusan Kependidikan Islam Fakultas
Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012.
Permainan edukatif adalah semua jenis permainan yang bertujuan untuk
menciptakan lingkungan dan jenis permainan yang bersifat edukatif demi kepentingan
peserta didik. Permainan edukatif disebutkan demikian karena dapat merangsang daya
pikir anak. Termasuk diantaranya adalah meningkatkan kemampuan konsentarsi
dalam memecahkan masalah. Selain itu juga, mainan edukatif tidak hanya sekedar
membuat anak menikmati permainan tapi juga dituntut agar membuat anak untuk teliti
dan tekun mengerjakan mainan tersebut. Para ahli psikologi menggunakan sebutan
masa kanak-kanak sebagai usia menjelajah, usia bertanya dan usia kreatif. Maka dari
itu mainan edukatif sangat berperan penting dalam tumbuh kembang anak, terutama
pada usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan metode
permainan edukatif dalam pembelajaran PAI dan kreativitas anak usia dini. Serta
mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan metode permainan edukatif dalam
pembelajaran PAI terhadap keativitas anak usia dini di PAUD Inklusi Ahsanu Amala
Lempongsari.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field reseach), untuk menjawab
permasalahan tersebut penulis menggunakan analisis kuantitatif dengan metode
deduktif. Penulis menggunakan rumus pearson product moment untuk mengetahui
pengaruh metode permainan edukatif dalam pembelajaran PAI dan kreativitas anak
usia dini PAUD Inklusi Ahsanu Amala Lempongsari Sariharjo Ngaglik Sleman.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata pelaksanaan metode
permainan edukatif = 58,0 % kemudian nilai rata-rata kreativitas anak usia dini adalah
= 50,0 %. Dengan demikian dapat diketahui bahwa ada korelasi positif antara variabel
X (pelaksanaan metode permainan edukatif) dan variabel Y (kreativitas anak usia
dini) yang mempunyai hubungan cenderung kurang kuat (lemah) yaitu Γry sebesar =
0,442. Adapun nilai Γ dengan nilai N = 20 pada taraf signifian 1% ditemukan =
0,561% sedangkan pada taraf 5% = 0,444%. Adapun hasil pengujian statistik dengan
menggunakan uji regresi linear sederhana yang menunjukkan bahwa nilai R square
diketahui sebesar 0,196. Artinya variasi kreativitas anak usia dini dapat dijelaskan
oleh variasi pada penggunaan permainan edukatif sebesar 19,6%. Sedangkan sisanya
sebesar 80,4% dijelaskan oleh faktor-faktor selain penggunaan permainan edukatif.
Sementara itu dalam uji t diketahui bahwa variabel penggunaan permainan edukatif
memiliki nilai t hitung sebesar 2,093 dan signifikansi sebesar 0,051. Oleh karena nilai
t hitung > t tabel (= 1,729), maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha
diterima. Hal ini dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan
permainan edukatif terhadap kreativitas anak usia dini. Sementara itu, nilai
signifikansi yang diketahui < 0,05 (nilai kritis pada α = 5%) menegaskan bahwa
pengaruh yang diberikan oleh penggunaan permainan edukatif terhadap kreativitas
anak usia dini adalah signifikan (nyata).NIM. 0747006 AHMAD PITO