Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:48:54ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-03-12T02:43:38Z2017-03-23T03:29:24Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10122This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/101222014-03-12T02:43:38ZPENGEMBANGAN PROGRAM LIFE SKILL SISWA MTs NEGERI
SLEMAN KOTA PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2011- 2012Ahmad Syaifullah. Pengembangan Program Life Skill Siswa MTsN
Sleman Kota Propinsi D. I. Y. Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta:
Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan
Kalijaga Yogyakarta, 2012.
Guru sebagai edukator serta penanggung jawab pendisiplinan anak harus
mengontrol setiap aktivitas anak-anak agar tingkat laku anak tidak menyimpang
dengan norma-norma yang ada. Para pendidik berpengaruh dalam menentukan
kemajuan sekolah, baik dalam prestasi kemajuan sekolah, guru, maupun para
peserta didik. Oleh karena itu tugas pendidik bukan hanya saja membina dalam
bidang akademik akan tetapi juga dalam bidang non- akademik seperti misalnya
pengembangan potensi diri siswa diberbagai bidang, olahraga, kesenian,
keagamaan dan lain sebagainya, sebagai bekal para anak didik dimasa yang akan
datang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan program life
skill siswa MTsN Sleman Kota,untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi
pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program life skill siswa di
Madrasah Tsanawiyah Negeri Sleman Kota Yogyakarta, sekaligus untuk
mengetahui prestasi apa saja yang sudah pernah diraih oleh MTsN Sleman Kota
selama peningkatan program life skill dalam bidang pengembangan potensi diri .
Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk Penelitian lapangan (field
research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Buku yang dijadikan
pedoman utama dalam penelitian ini adalah Life Skill Islami Kiat Hidup Penuh
Kreatifitas karya Drs.H.Suismanto,M.Ag. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif yaitu penelitian dengan menggunakan informasi yang diperoleh dari
sasaran penelitian yang selanjutnya disebut informan atau responden melalui
instrument pengumpulan data seperti wawancara, obsevasi, angket dan
sebagainya.
Adapun hasil dari penelitian pengembangan program life skill pada bidang
pengembangan potensi diri siswa MTsN Sleman Kota, adalah sebagai berikut : (a)
memenuhi sarana prasarana program life skill, (b) memberi kesempatan kursus
atau diklat kepada para guru yang menjadi pengampu bidang keterampilan (c)
mengadakan kerja sama antara pihak madrasah dengan pihak diluar madrasah (d)
menggunakan metode- metode khusus dalam setiap proses pelatihan di setiap
bidang (e) selalu memberikan motivasi kepada para siswa (f) mengikuti berbagai
macam perlombaan disetiap bidang keterampilan di luar madrasah. Sedangkan
faktor penghambat dalam pelaksanaan program life skill, yaitu (a) saranaprasarana
yang belum dimiliki seluruhnya oleh madrasah (b) waktu pelatihan
yang masih kurang.Untuk faktor pendukungnya, yaitu (a) adanya partisipasi dan
kerja sama dari masyarakat sekitar (b) para siswa-siswi MTs Negeri Sleman Kota
memiliki potensi, bakat, minat dan motivasi yang tinggi (c) para guru yang
membimbing pada kegiatan keterampilan ini mempunyai keahlian yang sangat
baik(d) sarana-prasarana yang cukup memadai, walaupun ada beberapa kegiatan
yang masih memakai fasilitas diluar madrasah (e) Adanya berbagai macam
perlombaan-perlombaan yang diadakan di luar madrasah.NIM. 08470007 AHMAD SYAIFULLAH