Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:38:53ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2017-07-05T03:04:35Z2017-07-05T03:04:35Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25842This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/258422017-07-05T03:04:35ZPEMIKIRAN JOHN DEWEY TENTANG DEMOKRASI PENDIDIKAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAMAHMAD SYAIFULLOH, Pemikiran John Dewey tentang Demokrasi Pendidikan dan Relevansinya dengan
Pendidikan Islam. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalija, 2006.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemikiran John Dewey
tentang konsep demokrasi pendidikan dan mengetahui relevansinya dengan pendidikan Islam. Hasil
penelitian ini diharapkan dapat menjadi wawasan pengetahuan dan sumber informasi bagi siapa saja
yang berminat mengadakan penelitian lebih lanjut tentang pemikiran John Dewey. Di samping itu
penelitian ini juga diharapkan menjadi pengetahuan seorang guru dalam meningkatkan mutu serta
kualitas pendidikan Islam dengan menggunakan pola pendidikan yang demokratis .
Penelitian ini merupakan merupakan penelitian kualitatif kepustakaan
(library researh). Pengumpulan data melalui studi pustaka. Analisis data menggunakan metode
deskriptifanalisis, yakni mendeskripsikan data-data dalam bentuk kata dalam hal ini adalah
pemikiran-pemikiran John Dewey mengenai demokrasi pendidikan sehingga ditemukan konsep demokrasi
pendidikannya, setelah itu menganalisis data-data yang telah terkumpul mengenai pemikiranĀ
pemikiran John Dewey tentang demokrasi pendidikan dan demokrasi dalam pendidikan Islam yang
diperoleh dari berbagai sumber, kemudian dievaluasi sehingga ditemukan relevansi demokrasi
pendidikan John Dewey dengan pendidikan Islam .
Hasil penelitian : ( 1) Konsep dernokrasi pendidikan John Dewey adalah
suatu pandangan, sikap dan aktivitas yang memberikan kesempatan yang seluasĀ luasnya kepada anak
(peserta didik) untuk berpartisipasi dalam menentukan pendidikannya agar ia tumbuh dan berkembang
secara optimal dan wajar sesuai dengan potensi yang dimilikinya . (2) Relevansi pemikiran John
Dewey tentang dernokrasi pendidikan dengan pendidikan Islam rneliputi : prinsip-prinsip
dernokrasi dan komponen dalam pendidikan Islam yaitu : (a). Prinsip kebebasan dan keadilan .
(b). Prinsip rnusyawarah. (c). Prinsip kemaslahatan . (d). Prinsip fa 'awuw'tolong-menolong
(e). Prinsip taghyir/perubahan . (f). Pandangan terhadap anak didik. (g). Pandangan terhadap guru.
(h). Pandangan terhadap metode . (i). Pandangan terhadap kurikulurn . (j). Pandangan terhadap
tujuan pendidikan.NIM. 02411354 AHMAD SYAIFULLOH