Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:02:21ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2015-11-17T03:22:06Z2015-11-17T03:22:06Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18327This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/183272015-11-17T03:22:06ZANALISA TERBADAP PENYELENGGARAAN MANAJEMEN
KURIKULUM BERBASIS SEKOLAH (MKBS) DALAM KAITANNYA
DENGAN KUALITAS PEMBELAJARAN FISIKA PADA MADRASAH
ALIYAH- MADRASAH ALLYAH FAVORIT DI JEPARAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyelenggaraan manajemen
kurikulum bebasis sekolah pada Madrasah Aliyah-Madrasah Aliyah favorit di
Jepara dengan berdasarkan pada persepsi peserta didiknya, serta untuk
mengetahui korelasi penyelenggaraan manajemen kurikulum berbasis sekolah
tersebut dengan kualitas belajar fisika mereka. Hasil penelitian ini diharapkan
dapat digunakan sebagai bahan kajian dan evaluasi para stake holder dalam
penyelenggaraan manajemen kurikulum yang lebih baik, sebagai upaya untuk
menjamin mutu pendidikan secara menyeluruh ( total quality), serta menciptakan
proses perbaikan yang berkesinarnbungan ( continous improvement) bagi
peningkatan kualitas pendidikan secara menyeluruh, khususnya pendidikan fisika
di Indonesia .
Penelitian ini menggunakan metode analisa deskriptif-kuantitatif, yaitu
suatu analisa deskriptif data statistik dan hasilnya digambarkan dengan kata-kata
menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Sedangkan jenis penelitian ini
aJalah pt:nclitian korelasional, dengan metode one shot case study. Teknik dalam
pengambilan sarnpel pada penelitian ini adalah dengan teknik three stage cluster
sampling, sehingga didapatkan sampel untuk penelitian ini adalah sebanyak 80
orang responden dari kelas X tahun a_iaran 2005/2006 dari dua madrasah Aliyah
favorit di Jepara yaitu: MA. Daru11Tium dan MAN I Bawu. Metode pcngumpulan
data dalam penelitian ini melalui tes prestasi dan angket. Data yang terkumpul
kemudian di analisa melalui statistika deskriptif, dan kemudian ditentukan
kore!asi antar variabelnya sebagai upaya untuk mendapatkan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa hal, yaitu: 1) Sebagian besar
peserta didik (96,25%) memiliki persepsi positif terhadap aspek pengembangan
program pembelajaran secara keseluruhan dari penyelenggaraan MKBS. 2) pada
Aspek Pelaksanaan pembelajaran secara keseluruhan, sebagian besar peserta didik
(88,75%) memiliki persepsi yang positif atas pelaksanaannya. 3) pada aspek
Pelaksanaan evaluasi pembelajaran secara keseluruhan sebagian besar peserta
didik (73,75%) meruiliki persepsi yang positif atas pelaksanaannya. 4)
Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penyelenggaraan
:MKBS pada Madrasah Aliyah - Madrasah Aliyah favorit di Jepara dengan
berdasar atas persepsi para peserta didik sudah berjalan dengan efektif terlebih
jika dikorelasikan dengan kualitas belajar fisika para peserta didiknya, serta
terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi peserta didik
terhadap penyelenggaraan MKBS dengan motivasi belajar fisika mereka sebesar r
= 0,64884, aktivitas dan kreatifitas selama proses pembelajaran fisika mereka
sebesar r = 0,63842, dan dengan prestasi belajar fisika mereka sebesar r -
0,665545 serta kualitas belajar secara keseluruhan sebesar r = 0,74410.NIM. 01460953 AHMAD SYAMSUL ARIFIN