Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:25:27ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-06-04T08:22:21Z2017-08-02T04:08:39Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12693This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/126932014-06-04T08:22:21ZSTRATEGI MUSYRIF (PENDAMPING ASRAMA)
DALAM MENINGKATKAN PERILAKU IBADAH SISWA
DI ASRAMA UMAR BIN KHATTAB MADRASAH MU’ALLIMIN
MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Latar belakang masalah penelitian ini, idealnya Musyrif yang menjadi ustadz
pembimbing di asrama dapat mengontrol belajar dan ibadah siswa sehari-hari,
tetapi kenyataannya masih terdapat hal-hal yang kurang sesuai berkaitan dengan
perilaku ibadah siswa di asrama Umar bin Khattab, meskipun Musyrif telah
menjalankan tugas dan fungsinya menggunakan strategi yang beragam. Penelitian
ini penting dilakukan untuk memecahkan masalah pendidikan khususnya
pembelajaran sistem asrama yang pada penelitian ini lebih menitik beratkan pada
perilaku ibadah siswa. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah
mengenai strategi yang digunakan Musyrif dalam meningkatkan perilaku ibadah
siswa di asrama Umar bin Khattab Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah
Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di
asrama Umar bin Khattab Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta.
Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi partisipatif,
wawancara mendalam dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data
menggunakan metode triangulasi teknik, yaitu mengecek data dengan sumber
yang sama dengan teknik yang berbeda. Analisis data menggunakan metode
deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perilaku ibadah siswa di asrama Umar bin
Khattab sudah bagus, karena berdasar empat indikator ibadah yang dilaksanakan
siswa, yaitu salat wajib berjamaah, puasa sunnah Senin dan Kamis, membaca Al-
Quran dan ibadah Mu’ammalah, siswa sudah melaksanakan keempat indikator
ibadah tersebut. Adanya absensi ibadah dan pemberian sanksi merupakan bentuk
kontrol dan bimbingan yang dilakukan oleh Musyrif untuk menjaga perilaku
ibadah siswa di asrama. Musyrif dalam hal ini tidak bekerja sendiri, pamong
asrama pun bekerja sama dengan Musyrif dalam membimbing kegiatan ibadah
siswa di asrama. (2) Strategi yang digunakan Musyrif di asrama Umar bin Khattab
bermacam-macam, yaitu adanya pemberian motivasi, pemberian tauladan, absensi
ibadah dan pemberian sanksi. Tetapi sebagian besar Musyrif menggunakan absen
ibadah dan pemberian sanksi sebagai alat untuk membimbing kegiatan ibadah
siswa di asrama. Musyrif di asrama Umar bin Khattab juga menggunakan metode
bimbingan dalam membimbing kegiatan ibadah siswa di asrama, yaitu metode
bimbingan langsung secara individual maupun secara kelompok dan metode
bimbingan tidak langsung secara kelompok atau massal.
NIM. 10411024 AHMAD SYAUQI NOOR