Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:39:35ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2015-07-27T01:07:09Z2015-07-27T01:07:09Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16355This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/163552015-07-27T01:07:09ZTAREKAT SEBAGAI MODEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PADA LANJUT USIA
(STUDI METODE DAN MATERI TAREKAT QADIRIYYAH
WA NAQSABANDIYYAH)AHMAD ZAENURROHMAN WAKHID. Tarekat sebagai Model
Pendidikan Agama Islam pada Lanjut Usia ( Studi Metode dan Materi tarekat
Qadiriyyah wa Naqsabandiyyah). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama
Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2015.
Latar belakang penelitian ini adalah adanya kekhawatiran terhadap realita menurunya
kehidupan keagamaan para lanjut usia di zaman sekarang ini. Hal tersebut dibuktikan
dengan keikutsertaanya para lanjut usia pada berbagai kasus kejahatan yang terjadi
akhir-akhir ini, dan telah diberitakan di berbagai media elektronik maupun media
online lainya. Melihat realitas tersebut penulis sebagai intelektual muda khususnya di
bidang Pendidikan Agama Islam merasa sangat iba dan tidak rela jikalau para lanjut
usia terus menerus berada dalam lingkaran kehidupan yang tidak seharusnya
tersebut. Sebagai bentuk tanggung jawab, penulis mencoba membantu
menyelesaikan lingkaran kehidupan yang tidak seharusnya dijalani oleh para lanjut
usia dengan melihat sejarah peradaban islam masa lalu yang menyebutkan adanya
tarekat sebagai salah satu xlternative Pendidikan Agama Islam bagi umat islam
dikala itu, lantas bagaimana apabila tarekat dijadikan sebagai model Pendidikan
Agama Islam pada lanjut usia di masa kini. Dalam kesempatan ini penulis berusaha
menyajikan kesesuain kebutuhan kegamaan lanjut usia dengan berbagai metode dan
materi yang ada didalam tarekat, khususnya tarekat Qadiriyyah wa Naqsabandiyyah.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian pustaka. Pengumpulan data dilakukan dengan
mengumpulkan berbagai dokumen-dokumen, baik buku/kitab, jurnal ilmiyah, dan
lainya. Adapun analisis data dilakukan dengan cara mengorganisasikan data kedalam
katergori, menjabarkan kedalam unit-unit, melakukan sinestesia, menyusun ke dalam
pola, memilih mana yang penting dan yang akan dipelajari dan membuat kesimpulan
sehingga mudah difahami oleh diri sendiri maupun orang lain.
Hasil penelitian menunjukan: (1) Metode dan materi dalam tarekat
Qadiriyyah wa Naqsabandiyah meliputi, Tuntunan menjadi mukmin sejati, Bai’at
dan talqin, Riyadhah, Zikrullah (zikir), Khataman, Manaqiban, Muraqabah, Uzlah
dan Khalwat, Ziarah. Adapun materi seperti menjalankan sholat rawatib sebagai
keharusan setelah menjalankan kewajiban sholat lima waktu, melanggengkan
berbagai macam shalawat (yakni: Shalawat nabi, sholwat nariyah, sholawat fatih,
shalawat hajj, dan lainya) dan do’a-do’a keselamatan lainya (2) Melalui model
pendidikan tarekat dengan berbagai metode disertai syarat materi, menjadikan
Pendidikan Agama Islam model pendidikan tarekat menjadi kegiatan yang
dibutuhkan oleh para lanjut usia.NIM. 11411021 AHMAD ZAENURROHMAN WAKHID