Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:05:37ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-09-13T03:59:36Z2016-09-13T03:59:36Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21993This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/219932016-09-13T03:59:36ZPENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KINERJA MANAJERIAL BANK MUAMALAT
KANTOR CABANG YOGYAKARTATotal Quality Management (TQM) merupakan alat atau pendekatan yang
digunakan manajemen pada suatu organisasi, berfokus pada kepuasan pelanggan
dan didasarkan atas partisipasi dari keseluruhan sumber daya manusia dan
ditujukan pada kesuksesan janga panjang. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti
hubungan antara Total Quality Management (TQM) dengan kinerja manajerial
Bank Muamalat Kantor Cabang Yogyakarta. Adapun indikator TQM yang
dijadikan variabel independen yaitu fokus pada pelanggan, pendekatan ilmiah,
komitmen jangka panjang, kerjasama tim, perbaikan sistem berkesinambungan,
pendidikan dan pelatihan karyawan serta keterlibatan dan pemberdayaan
karyawan.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa variabel-variabel TQM
berpengaruh secara simultan terhadap kinerja manjerial Bank Muamalat Cabang
Yogyakarta. Akan tetapi varibel fokus pada pelanggan, pendekatan ilmiah,
komitmen jangka panjang, kerjasama tim, secara parsial tidak berpengaruh
terhadap kinerja manajerial, sedangkan variabel perbaikan sistem secara
berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan, serta keterlibatan dan
pemberdayaan karyawan berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial Bank
Muamalat Cabang Yogyakarta.NIM. 12391043 AJI PAMUNGKAS