Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:22:14ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-08-22T01:15:40Z2016-08-22T01:15:40Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21679This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/216792016-08-22T01:15:40ZEFEKTIVITAS PENGAWASAN CLOSED CIRCUIT TELEVISION (CCTV)
DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KEDISIPLINAN SISWA
PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XII
DI SMK N 3 WONOSARIAJI PURNOMO. Efektivitas Pengawasan Closed Circuit Television (CCTV)
dalam Meningkatkan Perilaku Kedisiplinan Siswa pada Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam Kelas XII di SMK Negeri 3 Wonosari. Skripsi.
Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan
Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016.
Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih dijumpai
ketidakdisiplinan siswa terhadap peraturan sekolah khususnya di dalam
pembelajaran PAI. Hal tersebut di antaranya: terlambat masuk kelas, tidak
mengerjakan tugas, menyontek, kurang minat dan motivasi dalam belajar, kurang
perhatian terhadap pelajaran (mengganggu teman, gaduh, tidur, mengobrol).
Ketidakdisiplinan tersebut memunculkan suatu konsep Muraqabatullah yang
diterapkan sekolah dalam membantu meningkatkan kedisiplinan siswa, yaitu
melalui media pengawasan Closed Circuit Television (CCTV) yang dipasang di
setiap sudut kelas. Dengan demikian tujuan penelitian ini meliputi (1) Untuk
mengetahui tentang proses pembelajaran kedisiplinan siswa kelas XII SMK
Negeri 3 Wonosari (2) Untuk mengetahui efektivitas pengawasan CCTV dalam
meningkatkan perilaku kedisiplinan siswa pada pembelajaran PAI di kelas XII
SMK N 3 Wonosari (3) Untuk mengetahui problem-problem dari pengawasan
CCTV dalam meningkatkan kedisiplinan siswa pada pembelajaran PAI di kelas
XII SMK N 3 Wonosari disertai dengan solusi yang diberikan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di
SMK Negeri 3 Wonosari. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan
pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang
digunakan yaitu triangulasi dengan sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran kedisiplinan
siswa kelas XII di SMK Negeri 3 Wonosari berlangsung cukup baik, dan
peraturan-peraturan sekolah berjalan cukup baik dalam mendisiplinkan siswa. (2)
Keefektifan CCTV dalam meningkatkan kedisiplinan siswa pada pembelajaran
PAI dirasa cukup efektif dan membantu guru (dibuktikan oleh beberapa indikator
yang ditemukan). Kualitas kedisiplinan siswa bukan semata-mata karena faktor
CCTV. Guru, materi, dan metode lebih menentukan tingkat perhatian siswa (3)
Problem utama dalam penggunaan CCTV di dalam kelas dalam meningkatkan
kedisiplinan siswa kelas XII pada pembelajaran PAI adalah tidak terlihatnya
perhatian khusus sekolah dalam pengawasan keseharian melalui CCTV, sehingga
sebagian siswapun menganggap keberadaan CCTV kurang memberikan rasa
khawatir ketika melanggar tata tertib dalam pembelajaran maupun ujian. Solusi
dari pihak sekolah; menyampaikan kepada guru yang bersangkutan pada waktu
tertentu bahwa terdapat siswa yang tidak disiplin di kelas, mempertimbangkan
penambahan pemonitoran CCTV, dan melakukan maintenance berkala setiap 6
bulan sekali serta menormalkan kembali CCTV yang belum aktif karena
penambahan dan renovasi di beberapa kelas.NIM. 11410185 AJI PURNOMO