Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:47:58ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-04-19T10:03:52Z2016-04-19T10:03:52Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20201This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/202012016-04-19T10:03:52ZPENGARUH KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (KKG PAI )
TERHADAP INOVASI PEMBELAJARAN
DI SD SE-KECAMATAN KROYA
KABUPATEN CILACAP
JAWA TENGAHAJI WARDANA. Pengaruh Kegiatan Kelompok Kerja Guru Pendidikan
Agama Islam (KKG PAI) Terhadap Inovasi Pembelajaran di SD se-Kecamatan
Kroya Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan
Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016.
Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya jika pelaksanaan
kegiatan KKG PAI berjalan efektif maka inovasi pembelajaran pun akan berada
pada taraf yang tinggi. Namun kenyataannya meskipun kegiatan KKG PAI sudah
berjalan efektif, masih dijumpai anggota KKG PAI yang dalam proses
pembelajaran sama sekali tidak melakukan inovasi pembelajaran. Oleh karena itu
perlu diadakan penelitian tentang pengaruh kegiatan KKG PAI terhadap inovasi
pembelajaran. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apa
program kerja KKG PAI Kecamatan Kroya, seberapa efektif kegiatan KKG PAI,
seberapa tinggi inovasi pembelajaran di SD se-Kecamatan Kroya, serta adakah
pengaruh kegiatan KKG PAI terhadap Inovasi Pembelajaran. Penelitian ini
bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya pengaruh kegiatan kelompok kerja
guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) terhadap Inovasi Pembelajaran.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi penelitian guru
anggota KKG PAI dan sampel penelitian sebanyak 54 guru. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan metode angket, wawancara, observasi dan
dokumentasi. Instrument penelitian telah lulus uji validitas, reliabilitas, normalitas
maupun linieritas. Analisis validitas menunjukkan 20 butir angket kegiatan KKG
PAI terbukti 17 valid dan 3 tidak valid. Sedangkan 20 butir angket inovasi
pembelajaran terbukti 18 valid dan 2 tidak valid. Koefisien kegiatan KKG PAI
menunjukkan reliabilitas sebesar 0,865 sedangkan koefisien inovasi pembelajaran
menunjukkan reliabilitas sebesar 0,877, dan keduanya dinyatakan reliabel. Uji
normalitas dan linieritas merupakan syarat sebagai uji regresi dalam penelitian.
Uji normalitas antara kegiatan KKG PAI dan inovasi pembelajaran didapatkan
dengan taraf signifikan 5% adalah 0,080>0,05<0,200. Dan uji normalitas
menunjukan nilai signifikasi sebesar 0,254 yang artinya lebih besar dari 0,005.
Analisis data meliputi analisis statistik deskriptif, korelasi, dan regresi linier
sederhana.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Program Kerja KKG PAI meliputi
pertemuan rutin anggota KKG PAI, diskusi permasalahan pembelajaran, pelatihan
dan penyusunan silabus dan RPP, penyusunan kisi-kisi soal, dan pelatihan
penyusunan perangkat administrasi guru. 2) Efektifitas kegiatan KKG PAI
tergolong dalam kategori efektif dengan nilai rata-rata 56,42 dan ketentuan
responden yang berada dalam kategori cukup efektif sebanyak 8 responden,
efektif 33 responden dan sangat efektif 13 responden. 3).Tingkat inovasi
pembelajaran tergolong dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 62,35 dan
ketentuan siswa yang berada dalam kategori tinggi 37 responden dan sangat tinggi
17 responden. 4)Ada pengaruh positif antara kegiatan KKG PAI dengan inovasi
pembelajaran di SD se-Kecamatan Kroya. Inovasi pembelajaran dipengaruhi oleh
kegiatan KKG PAI sebesar 36,5% sedangkan 63,5% dipengaruhi faktor lain.NIM. 12410152 AJI WARDANA