Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:02:34ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-03-14T08:01:13Z2016-01-22T06:42:50Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10778This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/107782014-03-14T08:01:13ZEFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE DISCOVERY
LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS X SMK
DIPONEGORO YOGYAKARTA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif antara
pengunaan metode pembelajaran discovery learning dengan metode
pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika kelas X di
SMK Diponegoro Yogyakarta. Materi yang diajarkan adalah pokok
bahasan perbandingan trigonometri.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi
exsperiment) yang menggunakan pretest-posttest control group design.
Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa penggunaan
metode pembelajaran discovery learning, variabel terikat berupa hasil
belajar, dan variabel kontrol berupa materi dan guru mata pelajaran.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah
90 siswa yang terdiri 3 kelas yaitu 2 kelas otomotif dan 1 kelas
tatabusana. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik
purposive sampling dengan subjek kelas, ditentukan kelas X-1 sebagai
kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Metode
pengumpulan data penelitian dilakukan menggunakan tes yang meliputi
pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji
hipotesis adalah uji t (independent sampel t-test) dengan taraf signifikansi
5 %. Pengujian data dilakukan dengan menggunakan bantuan software
SPSS 16.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa keamampuan awal siswa sama,
yang ditunjukkan dengan memiliki mean 25, 96 untuk kelas eksperimen
dan 25, 90 untuk kelas kontrol dari hasil pretest dan setelah kedua kelas
diberi perlakuan yang berbeda mengalami kenaikan mean yaitu 57,12
untuk kelas eksperimen dan 41, 50 untuk kelas kontrol dari hasil posttest.
Dari hasil uji-t perbedaan rata-rata dengan tingkat signifikan 0,05
diperoleh sig (1-tailed)=
()
=
,
= 0,00 < 0,05 adalah 0,00.
Karena 0,00 < 0,05 maka Ho ditolak, artinya rata-rata hasil belajar siswa
yang menggunakan metode pembelajaran discovery learning lebih baik
dari rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode
pembelajaran konvensional. Hal iniberarti penggunaan metode
pembelajaran discovery leraning lebih efektif dari pada metode
pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa.
NIM. 05430038 AKHMAD AFENDI