Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T19:16:37ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-04-30T03:23:43Z2021-02-01T14:01:44Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12284This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/122842014-04-30T03:23:43ZPENGEMBANGAN VIRTUAL LAB FISIKA BERBASIS BORLAND
DELPHI 7 PADA MATERI LENSA TIPIS UNTUK SMA/MA KELAS X13
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan virtual lab fisika
sebagai media pembelajaran dengan Borland Delphi 7 pada materi lensa tipis
untuk SMA/MA kelas X, (2) mengetahui kualitas virtual lab fisika sebagai media
pembelajaran denagn Borland Delphi 7 pada materi lensa tipis untuk SMA/MA
kelas X yang telah dikembangkan, (3) mengetahui respon siswa terhadap virtual
lab fisika sebagai media pembelajaran denagn Borland Delphi 7 pada materi lensa
tipis untuk SMA/MA kelas X.
Penelitia ini merupakan penelitian R&D dengan model prosedural yang
mengadaptasi dari model 4D yang meliputi 4 langkah yaitu (1) define (2) design
(3) develop (4) disseminate. Penelitian dibatasi pada tahap develop. Pengumpulan
data menggunakan lembar penilaian (skala Likert) dan lembar respon siswa (skala
Guttman). Data kualitas virtual lab diperoleh dari 3 penilai. Kelayakan virtual lab
berdasarkan respon siswa uji coba terbatas pada 10 siswa dan uji coba luas pada
20 siswa. Data hasil penilaian dan respon siswa terhadap virtual lab fisika di
analisis dengan pedoman kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas
produk.
Hasil penelitian ini adalah (1) telah dikembangkan virtual lab fisika
berbasis Borland Delphi 7 pada materi lensa tipis untuk siswa SMA/MA kelas X
yang berisi tentang simulasi praktikum lensa tipis dalam memvisualisasikan
pembentukan bayangan, (2) kualitas virtual lab fisika berbasis Borland Delphi 7
pada materi lensa tipis untuk siswa SMA/MA kelas X berdasarkan penilaian dari
ahli materi, ahli media, dan guru fisika SMA/MA memiliki kategori Sangat Baik
(SB) dengan persentase keidealan 92,86% dari ahli materi; 77,50% dari ahli
media; 84,09% dari guru fisika SMA/MA, (3) respon siswa terhadap virtual lab
fisika berbasis Borland Delphi 7 pada materi lensa tipis untuk siswa SMA/MA
kelas X pada uji coba terbatas diperoleh respon tinggi dengan skor 14,6 dan
persentase 81,11%, sedangkan pada uji coba luas diperoleh respon tinggi dengan
skor 14,15 dan persentase 78,61%.NIM. 08690066 AKHMAD ANIP NASUKHA