Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:53:39ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2013-09-05T05:01:13Z2017-07-28T02:31:01Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9202This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/92022013-09-05T05:01:13ZHUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI
KEPRIBADIAN GURU FIQIH DENGAN MOTIVASI BELAJAR FIQIH
SISWA MTs Al-IMAN KAJORAN MAGELANG
AKHMAD ANNAS
Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Fiqih Dengan Motivasi
Belajar Fiqih Siswa. Fakultas
Agama Islam. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Dra. Sri Sumarni, M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah dikarenakan oleh rendahnya persepsi
siswa tentang kompetensi kepribadian guru fiqih sehingga menimbulkan kurangnya
motivasi belajar fiqih siswa didalam kelas. Oleh karena itu perlu di
untuk memperbaiki kualitas pembelajaran terutama dalam bidang mata pelajaran
fiqih. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa tentang
kompetensi keprabiadian guru fiqih dan untuk mengetahui motivasi belajar fiqih
siswa serta membuktikan hubungan antara keduanya. Metode penelitian yang
digunakan adalah dengan teknik sampling yang dijelaskan secara kuantitatif, adapun
lokasinya yakni MTs Al-Iman Kajoran Magelang tahun pelajaran 2012/2013 yaitu
sebanyak 97 siswa. Analisis instrumen meliputi analisis validitas, reliabilitas, dan uji
normalitas.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Persepsi siswa tentang kompetensi
kepribadian guru fiqih termasuk dalam kategori cukup baik dengan prosentase
34.02%. 2) Motivasi belajar siswa
cukup baik dengan prosentase 37.11%. 3) Ada hubungan yang positif dan signifikan
antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Fiqih Dengan Motivasi
Belajar Fiqih Siswa, ditunjukkan dalam tabel
signifikansi 1%=0.263 yaitu
disimpulkan bahwa ada hubungan antara
guru fiqih mempengaruhi motivasi belajar fiqih siswa MTs AL
Magelang.
AKHMAD ANNAS AKBAR RIDHO. 07410349. Hubungan Antara
Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Fiqih Dengan Motivasi
Hubungan Antara
Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Fiqih Dengan Motivasi
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Program Studi Pendidikan
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Pembimbing
Latar belakang penelitian ini adalah dikarenakan oleh rendahnya persepsi
siswa tentang kompetensi kepribadian guru fiqih sehingga menimbulkan kurangnya
motivasi belajar fiqih siswa didalam kelas. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian
untuk memperbaiki kualitas pembelajaran terutama dalam bidang mata pelajaran
fiqih. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa tentang
kompetensi keprabiadian guru fiqih dan untuk mengetahui motivasi belajar fiqih
siswa serta membuktikan hubungan antara keduanya. Metode penelitian yang
digunakan adalah dengan teknik sampling yang dijelaskan secara kuantitatif, adapun
Iman Kajoran Magelang tahun pelajaran 2012/2013 yaitu
lisis instrumen meliputi analisis validitas, reliabilitas, dan uji
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Persepsi siswa tentang kompetensi
kepribadian guru fiqih termasuk dalam kategori cukup baik dengan prosentase
34.02%. 2) Motivasi belajar siswa di MTs Al-Iman Kajoran Magelang dalam kategori
cukup baik dengan prosentase 37.11%. 3) Ada hubungan yang positif dan signifikan
antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Fiqih Dengan Motivasi
Belajar Fiqih Siswa, ditunjukkan dalam tabel r product moment yang diperoleh taraf
263 yaitu > 1% 0.953>0.263. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa ada hubungan antara persepsi tentang kompetensi kepribadian
fiqih mempengaruhi motivasi belajar fiqih siswa MTs AL-Iman Kajoran
, Program Studi Pendidikan
Pembimbing
Latar belakang penelitian ini adalah dikarenakan oleh rendahnya persepsi
siswa tentang kompetensi kepribadian guru fiqih sehingga menimbulkan kurangnya
adakan penelitian
untuk memperbaiki kualitas pembelajaran terutama dalam bidang mata pelajaran
fiqih. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa tentang
kompetensi keprabiadian guru fiqih dan untuk mengetahui motivasi belajar fiqih
siswa serta membuktikan hubungan antara keduanya. Metode penelitian yang
digunakan adalah dengan teknik sampling yang dijelaskan secara kuantitatif, adapun
Iman Kajoran Magelang tahun pelajaran 2012/2013 yaitu
lisis instrumen meliputi analisis validitas, reliabilitas, dan uji
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Persepsi siswa tentang kompetensi
kepribadian guru fiqih termasuk dalam kategori cukup baik dengan prosentase
Iman Kajoran Magelang dalam kategori
cukup baik dengan prosentase 37.11%. 3) Ada hubungan yang positif dan signifikan
antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Fiqih Dengan Motivasi
diperoleh taraf
engan demikian dapat
kepribadian
Iman Kajoran
NIM. 07410349 AKHMAD ANNAS AKBAR RIDHO